Pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah, kompetensi sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi, dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Desa di Kecamatan Peterongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainurrohman, Ahmad Miftah (2022) Pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah, kompetensi sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi, dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Desa di Kecamatan Peterongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Miftah Ainurrohman_G92218063 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan standar akuntansi pemerintah, kompetensi sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi, dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah desa di kecamatan peterongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh desa di Kecamatan Peterongan sebanyak 14 desa dan sampel yang digunakan sebanyak 10 desa dengan 73 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner. Teknik pemilihan sampel menggunakan stratified random sampling dengan kriteria berdasarkan pembagian dana desa terbesar dan dana desa terkecil. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan metode regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji F dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel penerapan standar akuntansi pemerintah, kompetensi sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi, dan sistem pengendalian internal berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pemerintah desa untuk membenahi perangkat teknologi yang tersedia sehingga dapat digunakan sepenuhnya untuk meningkatkan pemrosesan transaksi dan data lainnya, akurasi perhitungan, dan laporan dan hasil lainnya dalam pengelolaan keuangan agar lebih tepat waktu, serta untuk pengendalian internal pada indikator kegiatan pengendalian untuk aset yang dimiliki seharusnya sudah diberikan penomoran yang sesuai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainurrohman, Ahmad Miftahmiftaahmad890@gmail.comG92218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imambuchenanina@gmail.com2026096801
Subjects: Akuntansi
Keywords: Standar akuntansi pemerintah; kompetensi sumber daya alam; penggunaan teknologi informasi; kualitas laporan keuangan pemerintah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Ahmad Miftah Ainurrohman
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:59
Last Modified: 03 Jan 2023 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58715

Actions (login required)

View Item View Item