Pemberdayaan umat melalui program ternak kambing bergulir perspektif maqàshid syariah di NU Care-LAZISNU kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Siti Rizka Khusnul (2022) Pemberdayaan umat melalui program ternak kambing bergulir perspektif maqàshid syariah di NU Care-LAZISNU kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rizka Khusnul Khotimah_G94218226.pdf

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pemberdayaan umat yang dilakukan NU Care-LAZISNU Kota Kediri melalui program ternak kambing bergulir dan pandangannya dalam perspektif maqāshid syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dimana analisis datanya bersifat deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak pimpinan NU Care-LAZISNU Kota Kediri, koordinator program ternak serta beberapa mustahik penerima manfaat ternak. Pemberdayaan umat melalui program ternak kambing bergulir yang dilakukan oleh NU Care-LAZISNU Kota Kediri ini telah berjalan dengan cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari hasil yang telah diperoleh oleh masyarakat mustahik selaku yang diberdayakan. Pada prosesnya, pemberdayaan umat melalui program ternak kambing bergulir ini dilakukan dengan empat tahapan yang terdiri dari tahap penentuan wilayah, tahap sosialisasi kegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dan tahap pemandirian masyarakat. Dilihat dalam perspektif maqāshid syariah, kegiatan pemberdayaan umat melalui program ternak kambing bergulir ini telah mampu mewujudkan kemaslahatan yang dapat dilihat dari terpenuhinya unsur perlindungan terhadap agama (hifdzu din), perlindungan terhadap jiwa (hifdzu nafs), perlindungan terhadap akal (hifdzu aql), perlindungan terhadap keturunan (hifdzu nasl) dan perlindungan terhadap harta (hifdzu mal).Untuk memberikan hasil yang maksimal diharapkan bagi pihak pengelola kedepannya dapat memberikan pembinaan dan pelatihan khusus kepada mustahik selaku masyarakat yang diberdayakan agar program ini dapat berjalan lebih baik lagi. Kemudian bagi masyarakat diharapkan untuk dapat ikut serta berkontribusi dalam membantu upaya pemberdayaan masyarakat dengan membayarkan zakatnya pada lembaga NU Care-LAZISNU Kota Kediri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Siti Rizka KhusnulG94218226@uinsby.ac.idG94218226
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: pemberdayaan umat; ternak bergulir; maqāshid syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Rizka Khusnul Khotimah
Date Deposited: 02 Jan 2023 04:36
Last Modified: 02 Jan 2023 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58726

Actions (login required)

View Item View Item