Pengaruh kualitas produk, tingkat pengetahuan, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan Murabahah: studi pada Koperasi Syariah BMT MULIA Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Triantama (2022) Pengaruh kualitas produk, tingkat pengetahuan, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan Murabahah: studi pada Koperasi Syariah BMT MULIA Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Triantama Kurniawan_G94217211.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Produk, Tingkat Pengetahuan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Anggota Melakukan Pembiayaan Murabahah di Koperasi Syariah BMT MULIA Magetan” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, tingkat pengetahuan, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan murabahah di Koperasi Syariah BMT MULIA Magetan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis pada penelitian ini dibantu Software SPSS ver.26 dengan menggunakan uji analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh antar variabel independent (variabel bebas) terhadap variabel dependent (variabel terikat). Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 134 responden. Data yang diterima yaitu menggunakan kuisioner yang dibagikan secara langsung kepada responden yaitu anggota Koperasi Syariah BMT MULIA yang melakukan pembiayaan mura>bah}ah pada tahun 2020. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji regresi linier berganda, uji simultan (uji F), uji parsial (uji T), dan koefisien determinasi. Hasil perhitungan dan olah data SPSS Ver.26 menunjukkan hasil uji simultan yang mana kualitas produk, tingkat pengetahuan, dan kualitas pelayanan bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan mura>bah}ah di Koperasi Syariah BMT MULIA. Hasil dari uji simultan (Uji F) Fhitung › Ftabel yakni 115,113 › 2,67. Sedangkan hasil uji hipotesis secara parsial semua variabel independent berpengaruh positif terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan mura>bah}ah. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan anggota dengan nilai uji T yakni 2,839 › 1,977. Tingkat pengetahuan berpengaruh positif terhadap keputusan anggota dengan nilai uji T yakni 9,750 › 1,977. Dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan anggota dengan nilai uji T yakni 3,580 › 1,977. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,720 yang berarti kualitas produk, tingkat pengetahuan, dan kualitas pelayanan berpengaruh 72% terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan murabahah sedangkan sisanya sebesar 28% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi peneliti lainnya khususnya pada perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan nasabah. Serta bagi BMT MULIA Magetan untuk tetap menjaga dan lebih meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Dan disarankan BMT MULIA Magetan melakukan inovasi bagaimana upaya untuk menarik nasabah melakukan pembiayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Triantamatamakurniawan14@gmail.comG94217211
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id197507032007012020
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Koperasi
Keywords: Kualitas produk; tingkat pengetahuan; kualitas pelayanan; pembiayaan murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Triantama Kurniawan
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:49
Last Modified: 03 Jan 2023 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58731

Actions (login required)

View Item View Item