Green campus melalui bank sampah syariah perspektif maqāṣid asy-syarīʻah pemikiran Abdul Majid an-Najjâr

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masduqie, Muhammad Hamdan Ali (2022) Green campus melalui bank sampah syariah perspektif maqāṣid asy-syarīʻah pemikiran Abdul Majid an-Najjâr. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hamdan Ali Masduqie_02040320036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Green Campus Melalui Bank Sampah Syariah Perspektif Maqāṣid Asy-Syarīʻah Pemikiran Abdul Majid An-Najjâr” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi Green Campus melalui Bank Sampah Syariah di lingkungan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, serta bagaimana tinjauan Maqāṣid Asy-Syarīʻah Pemikiran Abdul Majid An-Najjâr terkait Green Campus melalui Bank Sampah Syariah di lingkungan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam Penelitian yang dilakukan pada Bank Sampah Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya (BSS UINSA) ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan berdasarkan data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini yaitu, Implementasi Program Green Campus di lingkungan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya didukung dengan adanya Laboratorium Mahasiswa yang berada di Lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya (FEBI UINSA) yakni Bank Sampah Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya (BSS UINSA). Terdapat 4 kriteria Green Campus dari total 6 kriteria yang dapat mendukung implementasi program Green Campus di lingkungan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya dengan adanya peran dari BSS UINSA, antara lain, Penataan Infrastruktur, Limbah Transportasi dan Pendidikan dan Penelitian. Selanjutnya. Kemudian, terdapat beberapa program maupun produk yang dimiliki BSS UINSA serta usulan program baru dari peneliti agar program Green Campus di lingkungan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya dapat diwujudkan dengan baik. Dalam penelitian Tesis ini, peneliti menggunakan 2 nilai yang terdapat dalam teori Maqāṣid Asy-Syarīʻah pemikiran Abdul Majid An-Najjâr untuk melakukan analisis terkait program yang dimiliki oleh BSS UINSA dalam upaya mewujudkan Green Campus di lingkungan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, antara lain, Mengamankan Diri Manusia dan Mengamankan Lingkungan Hidup. Adapun rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan kepada Pengurus BSS UINSA yaitu, memaksimalkan program dan produk yang dimiliki serta dijaga keberlangsungannya agar tidak terbengkalai dan dapat dinikmati oleh Civitas Akademika UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masduqie, Muhammad Hamdan Alihamtras1997@gmail.com02040320036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id--
Thesis advisorFageh, Achmadachmadfageh@gmail.com0703067304
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Lingkungan Hidup
Keywords: green campus; Bank Sampah Syariah; maqāṣid asy-syarīʻah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Hamdan Ali Masduqie
Date Deposited: 04 Jan 2023 08:21
Last Modified: 04 Jan 2023 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58733

Actions (login required)

View Item View Item