Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap implementasi shalat fardhu berjama'ah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mantup Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiro, Abidatul (2016) Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap implementasi shalat fardhu berjama'ah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mantup Lamongan. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil judul skripsi ini dengan latar belakang masalah ditengah keberadaan mata pelajaran umum, ternyata mata pelajaran pendidikan agama Islam kurang mendapatkan tempat dihati para siswa. Banyak siswa cenderung menganggap pelajaran pendidiksn agama Islam adalah bentuk pelajaran biasa yang mengutamakan konsep-konsep teori saja sehingga meraka lebih memburu nilai dari gurunya dari pada menghayati dan mengamalkan kandungan nilai yang terdapat dalam pelajaran ini. Sejalan dengan bentuk ibadah praktek yaitu shalat berjamaah Perbandingan pahala antara shalat sendiri dengan shalat berjamaah, yaitu satu berbanding 27 derajat. hal ini karena shalat berjamaah memiliki keutamaan, yaitu: menjalin silaturahim antarsesama, mengajarkan hidup disiplin, saling mencintai, dan menghargai, menjaga persatuan, kesatuan, dan kebersamaan, menahan dari kemauan sendiri (egois), mengajarkan kepatuhan seorang musli kepada pemimpin.
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII SMP Negeri 2 Mantup Lamongan; 2) Bagaimana implementasi shalat fardhu berjamaah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mantup Lamongan; 3) Bagimana pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap implementasi shalat fardhu berjamaah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mantup Lamongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Reserch) dengan menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis menyebarkan angket kepada siswa yang angket tersebut berisi tentang pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam dan angket tentang implementasi shalat fardhu berjamaah.
Berdasarkan penghitungan regresi linier sederhana bahwa hasil penganalisisan terhadap data pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII SMP Negeri 2 Mantup Lamongan cukup baik, hal ini dibuktikan dari rata-rata data angket 31.94. Implementasi shalat fardhu berjamaah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mantup cukup baik, hal ini dibuktikan dari rata-rata data angket yaitu 31.26. Dalam uji koefisien determinasi, korelasi variabel pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap Implementasi Shalat Fardhu berjamaah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mantup Lamongan diperoleh 24.75% dan sisanya 75,22% dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya faktor keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiro, Abidatul-D01212069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, Mabuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Pendidikan Islam
Salat > Salat Jama'ah
Salat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: CHOIRO ABIDATUL
Date Deposited: 14 Apr 2016 02:46
Last Modified: 08 Nov 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5874

Actions (login required)

View Item View Item