Pengorganisasian majelis ta’lim dalam pengembangan tanaman toga di RT 03 kelurahan Jombang kecamatan Ciputat kota Tangerang Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhanti, Putri (2022) Pengorganisasian majelis ta’lim dalam pengembangan tanaman toga di RT 03 kelurahan Jombang kecamatan Ciputat kota Tangerang Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Ramadhanti_B52218043.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di RT 03 Kelurahan Jombang Kota Tangerang Selatan, penelitian ini memiliki tujuan untuk memberi kesadaran kepada masyarakat akan bahaya obat kimia serta mengembangkan tanaman toga beserta cara membudidayakannya. Dengan membudidayakan toga masyarakat sudah memberbaiki taraf kesehatan karena tidak mengonsumsi obat kimia dan ekonominya karena toga bisa dikembagkan menjadi jamu yang bisa dijual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berbasis masalah yang ada yaitu PAR (Participatory Action Research). Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti dalam mencari data dan informasi adalah dengan melakukan kegiatan berupa asessment, inkulturasi, transek, mapping, wawancara dan FGD bersama masarakat. Fokus utama dalam penelitian ini yaitu mengorganisir masyarakat untuk menjadikan tanaman toga sebagai alternatif pengobatan serta melepas ketergantungan terhadap obat kimia. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari berkurangnya masyarakat dalam mengonsumsi obat kimia dan pengetahuan tentang budidaya toga dan bahaya obat kimia, mengurangi anggaran belanja bulanan rumah tangga di aspek kesehatan karena tidak membeli obat kimia lagi serta kehidupan yang lebih sehat dibanding sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhanti, Putriputriramadhanti72@gmail.comB52218043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Pengobatan Tradisional
Keywords: kesehatan; pengorganisasian masyarakat; majelis ta’lim; tanaman obat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Putri Ramadhanti
Date Deposited: 04 Jan 2023 05:27
Last Modified: 04 Jan 2023 05:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58743

Actions (login required)

View Item View Item