Analisis sistem informasi akuntansi pada persediaan obat–obatan di unit pelaksana teknis Daerah Puskesmas Loceret, Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputro, Yoga Bayu (2022) Analisis sistem informasi akuntansi pada persediaan obat–obatan di unit pelaksana teknis Daerah Puskesmas Loceret, Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yoga Bayu Saputro_G02218024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami analisis sistem informasi akuntansi dan penerapan pengendalian internal persediaan obat–obatan pada UPTD Puskesmas Loceret. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil Penelitian ini adalah sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal persediaan obat-obatan sebagi berikut. Sistem dan prosedur akuntansi persediaan obat-obatan yang berlaku pada Puskesmas Loceret sudah cukup berjalan dengan baik. Selain ini untuk pengelolaan persediaan puskesmas sudah dibantu dengan aplikasi SMILE yang sudah lengkap dalam menyajikan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan. Tetapi diluar dari itu terdapat beberapa kelemahan pada sistem informasi akuntansi persediaan seperti kekosongan obat. Sistem Pengendalian Internal (SPI) pada Aktivitas Pengendalian Obat-Obatan di Puskesmas Loceret berjalan dengan cukup baik dan memenuhi komponen sistem pengendalian internal. Namun pada aktivitas pengendalian persediaannya masih ada permasalahan pada pemisahan tugas. Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah untuk kekosongan obat perlu adanya warning system yang dimaksud jika ada stok obat menipis kita bisa mengetahuinya tanpa harus nunggu dilakukan stock opname. Pemisahan tugas antara bagian penerimaan dan penyimpanan agar tidak adanya perangkapan tugas dan menghindari adanya penyelewengan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputro, Yoga Bayuyogabayu1407@gmail.comG02218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLatifah, Nurulnurullathifah.febiuinsa@gmail.com0728058901
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi; Pengendalian Internal; Persediaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Yoga Bayu Saputro
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:49
Last Modified: 05 Jan 2023 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58770

Actions (login required)

View Item View Item