Peran perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarga perspektif Yusuf Al-qardhawi: studi pekerja usaha rumahan gedhebox chips

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bella, Alif Mujiyana Eka (2022) Peran perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarga perspektif Yusuf Al-qardhawi: studi pekerja usaha rumahan gedhebox chips. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif Mujiyana Eka Bella_G04218004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendapatan suami yang tidak menentu dan kebutuhan semakin hari semakin meningkat. Membuat perempuan pekerja usaha rumahan Gedhebox Chips memiliki peran tambahan didalam keluarga, yaitu peran dalam perekonomian keluarga dengan bekerja. Namun masih banyak masyarakat sekitar yang beranggapan bahwa perempuan yang bekerja diluar rumah tidak bisa mengurusi keluarganya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perempuan pekerja usaha rumahan Gedhebox Chips dalam perekonomian keluarga perspektif Yusuf A-Qardhawi dan kesejahteraan keluarga perempuan pekerja usaha rumahan Gedhebox Chips dalam perspektif Yusuf Al-Qardhawi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Teknik pengolahan data dilakukan dengan editing, klasifikasi, verivikasi, dan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya peran perempuan dalam perekonomian keluarga, mereka mampu meningkatkan perekonomian keluarga menjadi golongan pendapatan tinggi dan sangat tinggi sehinga kondisi kesejahteraan keluarga perempuan pekerja usaha rumahan Gedhebox Chips juga meningkat menjadi keluarga sejahtera tahap III dan tahap III plus. Dalam menjalankan peran tambahannya ketika bekerja, perempuan pekerja usaha rumahan Gedhebox Chips belum memenuhi syarat perempuan boleh bekerja menurut perspektif Yusuf Al-Qardhawi. Adanya peran perempuan pekerja usaha rumahan Gedhebox Chips dalam perekonomian keluarga memberikan kontribusi yang besar didalam kesejahteraan keluarga baik dari unsur materi maupun dari unsur spiritual. Dengan adanya penelitian ini diharapkan perempuan pekerja usaha rumahan Gedhebox Chips kedepannya bisa lebih konsisten dalam hal memenuhi adab wanita muslimah ketika keluar rumah khususnya menggunaan pakaian yang menutup aurat dan berjilbab, diharapkan juga agar masyarakat lebih mengetahui dan memahami bahwa perempuan mempuyai peran yang sangat penting dalam membantu meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarga sehingga masyarakat tidak lagi memandang perempuan dengan sebelah mata dan tidak berasumsi bahwa perempuan yang bekerja diluar rumah tidak bisa mengurus keluarganya dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bella, Alif Mujiyana Ekaalifbellaa@gmail.comg04218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahadahmas@yahoo.co.id2105127801
Subjects: Ekonomi
Emansipasi wanita
Wanita dalam Islam
Wanita
Karier
Keywords: peran perempuan; kesejahteraan; perekonomian keluarga; perspektif; Yusuf Al Qardhawi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ALIF MUJIYANA EKA BELLA
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:06
Last Modified: 06 Jan 2023 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58785

Actions (login required)

View Item View Item