Pengaruh makroekonomi dan institutional quality terhadap perkembangan Pasar Sukuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, M. Thoha Ainun (2022) Pengaruh makroekonomi dan institutional quality terhadap perkembangan Pasar Sukuk. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Thoha Ainun Najib_02040320032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran sukuk dalam menggerakkan perekonomian secara global. Terbukti sukuk mampu tumbuh positif pasca krisis dibandingkan surat berharga konvensional. Perkembangan sukuk secara global menunjukkan tren positif. Perkembangan pasar keuangan tidak lepas dari kondisi makroekonomi dan intitutional quality. Sejauh ini masih minim kajian empiris tentang institutional quality terhadap pasar keuangan islam terkhusus pasar sukuk. Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris pengaruh makroekonomi dan institutional quality terhadap perkembangan pasar sukuk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari World Development Indicator (WDI), International Country Risk Guide (ICRG), International Islamic Financial Market (IIFM). Objek kajian ini adalah lima negara yang tertinggi dalam penerbitan sukuk menurut IIFM periode 2002-2019, yaitu Malaysia, UEA, Saudi Arabia, Indonesia dan Bahrain. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Data Panel Dinamis (Generalized Methods of Moment). Hasil analisis menunjukkan bahwa GDP perkapita dan perdagangan terbuka berpengaruh positif terhadap perkembangan pasar sukuk. Sedangkan inflasi dan kurs berpengaruh negatif terhadap perkembangan pasar sukuk. Adapun hasil uji institutional quality menunjukkan secara agregat berpengaruh terhadap perkembangan pasar sukuk. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya menjaga stabilitas makroekonomi dan memperkuat institutional quality dalam rangka peningkatan dan pengembangan perekonomian secara umum serta pasar modal syariah secara khusus. Perluasan penelitian dapat dilakukan dengan melakukan pengujian dan pergerakan antar variabel dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sehingga semakin tampak besaran dan kekuaran pengaruh masih-masing variabel terhadap perkembangan pasar sukuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, M. Thoha Ainunthoha.ainun@gmail.com02040320032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsby.ac.id2021066802
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Makroekonomi; Institutional Quality; Perkembangan Pasar Sukuk; Generalized Methods of Moment; Keuangan Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Thoha Ainun Najib
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:11
Last Modified: 23 Feb 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58803

Actions (login required)

View Item View Item