Muslim Tionghoa dalam perembangan sosio teologis di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irama, Yoga (2023) Muslim Tionghoa dalam perembangan sosio teologis di Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yoga Irama_02040220014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran dan model pembentukan identitas sosial Muslim Tionghoa di Surabaya, sehingga menemukan bukti dan karakteristik bahwa Muslim Tionghoa bukanlah sebagai entitas masyarakat yang membawa beban sosial, bersikap apatis dan eksklusif seperti yang dituduhkan selama ini. Sekaligus sebagai usaha resiliensi untuk melawan perlakuan stigmatif dan diskriminasi yang sering dialamatkan kepada orang Tionghoa, baik di masa lalu maupun sampai di era globalisasi seperti sekarang ini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan model penelitian field research, mengacu pada data lapangan melalui wawancara, dan juga literatur data yang tersebar dalam berbagai buku dan internet. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi sosial, dalam teori identitas sosial House yang dikembangkan oleh Cote dan Levin. Adapun temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah orang Muslim Tionghoa memiliki sumbangsih besar dalam lini agama dan sosial kepada masyarakat Surabaya. Kontribusi itu akan terus berlanjut sejalan dengan eksisnya lembaga PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) Surabaya. Kemudian identitas sosial Muslim Tionghoa di Surabaya muncul atas keterikatan dengan entitas mayoritas yang lebih luas. Karena dari keterikatan tersebut munculah otoritas konsensus dan value yang secara otomatis diterapkan dan melekat dalam diri mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irama, Yogayogairama.kanor@gmail.com02040220014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, M. Syamsulsyamsulh@uinsby.ac.id2115048201
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101
Subjects: Islam
Kebudayaan
Sosiologi
Keywords: PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) Surabaya; kontribusi sosial; kontribusi teologis; identitas sosial
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Yoga Irama
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:12
Last Modified: 05 Jan 2023 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58808

Actions (login required)

View Item View Item