Analisis kelayakan daerah Kabupaten Pasuruan sebagai tempat rukyatul hilal perpspektif Thomas Djamaluddin melalui Software Arcgis dan Teodolit

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanudin, Septian (2023) Analisis kelayakan daerah Kabupaten Pasuruan sebagai tempat rukyatul hilal perpspektif Thomas Djamaluddin melalui Software Arcgis dan Teodolit. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septian Hasanudin-C76218019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Kelayakan Daerah Kabupaten Pasuruan Sebagai Tempat Rukyatulhilal Perspektif Thomas Djamaluddin Melalui ArcGIS dan Theodolit” ini merupakan hasl penelitian lapangan. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah, yakni bagaimana pemetaan daerah Kabupaten Pasuruan sebagai tempat rukyat melalui ArcGIS ? dan bagaimana hasil analisis kelayakan tempat rukyatulhilal perspektif Thomas Djamaluddin dengan ArcGIS dan Theodolit di Kabupaten Pasuruan? Penulisan dalam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis kualitatif. Data primer yang digunakan dalam penelitian adalah pernyataan dari thomas djamaluudin ketika diwawancarai Noor Aflah yang tertuang pada penelitian dengan judul Parameter Kelayakan Tempat Rukyat (Analisis Terhadap Pemikiran Thomas Djamaluddin Tentang Kriteria Tempat Rukyat Yang Ideal), Skripsi karya Noor Aflah, data informasi tempat Kabupaten Pasuruan, dan Software ArcGIS. Data tersebut dikumpulkan menggunakan teknik studi literatur dan observasi. Kemudian dianalisis menggunakan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pemetaan Kabupaten Pasuruan untuk dijadikan sebagai tempat rukyat melalui ArcGIS dapat dikatakan layak karena, pertama, terdapat berbagai macam kondisi geografis yang berada di wilayah Kabupaten Pasuruan, kedua, rata-rata curah hujan yang ada di Kabupaten Pasuruan tergolong ringan sehingga layak untuk dijadikan tempat rukyatulhilal. Kemudian Hasil analisis kelayakan tempat rukyatulhilal perspektif Thomas Djamaluddin dengan ArcGIS dan Theodolit di Kabupaten Pasuruan menunjukkan bahwa dari 7 (tujuh) titik yang dianalisa, menunujukkan titik yang berada di desa Watukosek tepatnya berada di BRIN LAPAN memenuhi kriteria layak sebagai lokasi rukyatulhilal dari segi posisi astronomis dan luasan medan pandang ke ufuk barat, serta memenuhi kriteria layak dari segi cuaca. Peneliti menambahkan saran sesuai hasil penelitian, bahwa dari 7 titik yang dianalisa hanya satu titik saja yang memenuhi seluruh kriteria tempat rukyatulhilal perspektif Thomas Djamaluddin, sedangkan keenam lainnya hanya memenuhi 3 aspek kriteria yakni bebas dari potensi penghalang fisik dan non fisik, bebas dari potensi gangguan cuaca, secara letak astronomi tempat tersebut memang ideal untuk dilakukan observasi hilal. Maka disarankan kepada Penulis dapat memberikan saran: kepada pengembang Indonesian geospasial selaku penyedia data shp Arcgis hendaknya mengupdate lagi data shp agar memiliki hasil lebih akurat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanudin, Septianseptian.asdf@gmail.comC76218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Analisis kelayakan; Pasuruan; rukyatul hilal; Thomas Djamaluddin; Software Arcgis dan Teodolit
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Septian Hasanudin
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:49
Last Modified: 11 Jan 2023 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58809

Actions (login required)

View Item View Item