Perancangan kawasan wisata religi makam Putri Ayu Dewi Sekardadu di Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Happy Zakiyyatun (2022) Perancangan kawasan wisata religi makam Putri Ayu Dewi Sekardadu di Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur nusantara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Happy Zakiyyatun Nisak_H93218062.pdf

Download (17MB)

Abstract

Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang berpotensi sebagai wisata religi. Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu wilayah yang ada di Jawa Timur dan memiliki potensi pengembangan kawasan paruiwisata, salah satu situs cagar budaya atau situs religi di Kabupaten Sidoarjo adalah Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu, beliau merupakan Putri Raja dari Kerajaan Blambangan serta ibunda dari Sunan Giri, yangmana beliau juga merupakan salah satu bagian tokoh sejarah yang ada di Nusantara. Letak dari Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu berada di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, berada di pesisir sungai dekat dengan laut. Pada setiap tahun penduduk di pesisir laut Sidoarjo, memiliki tradisi nyadran yang biasanya dilaksanakan bertepatan dengan Maulid Nabi, dimana tradisi nyadran atau bisa disebut sedekah laut tersebut harus berziarah ke Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu terlebih dahulu sebelum nantinya pergi ke laut, sehingga menjadi potensi ekonomi di Dusun Kepetingan saat terdapat acara nyadran maupun hanya sekedar berziarah. Terdapat pula potensi wisata lain selain wisata religi, yaitu wisata air yang bisa mendatangkan banyak pengunjung, karena tradisi nyadran sendiri menggunakan alat transportasi berupa perahu yang akan menyusuri sungai untuk menuju makam dan dilakukan ziarah, setelah itu perahu akan menuju ke laut untuk berenang ria. Namun terdapat permasalahan yang menghambat pengembangan wisata religi tersebut, berdasarkan pengamatan di lapangan, permasalahan yang muncul merupakan kualitas infrastuktur yang kurang memadai untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung. Apabila kualitas infrastuktur, sarana dan prasarana telah memadai maka wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk wisatawan atau peziarah baik dari kota Sidoarjo sendiri maupun dari luar kota. Berdasarkan dari potensi-potensi diatas Pendekatan Arsitektur Nusantara diangkat sebagai konsep perancangan ini, untuk tetap melastarikan dan mempertahankan budaya atau gaya Arsitektur lokal pada wisata religi, yang implementasinya dapat diterapkan baik secara bentuk maupun filosofi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Happy Zakiyyatunhappyzakiyya@gmail.comH93218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorMega Ayundya, Widiastutimegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Pariwisata
Keywords: Perancangan kawasan; makam Putri Ayu Dewi Sekardadu; tradisi Nyadran; wisata religi; wisata air; arsitektur nusantara
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Happy Zakiyyatun Nisak
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:45
Last Modified: 10 Jan 2023 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58816

Actions (login required)

View Item View Item