Hubungan Religiusitas dan Big Five Personality Traits dengan Altruisme pada Relawan Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofa, Faizatus (2022) Hubungan Religiusitas dan Big Five Personality Traits dengan Altruisme pada Relawan Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizatus Shofa_J71216059 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dan big five personality traits dengan atruisme pada Relawan Covid-19. Subyek penelitian ini adalah relawan yang pernah melakukan kegiatan kerelawanan yang berkaitan dengan wabah covid-19 dengan sampel sejumlah 135 relawan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala altruism berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Mussen, dkk yang diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Erlina. Skala Religiusitas berdasarkan teori oleh Glock dan Stark. Sementara skala Big Five Personality menggunakan teori yang dikemukakan oleh Mc. Crae dan Costa yang diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Yunia Sukmawati. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi berganda. Hasil regresi ganda yang dilakukan menunjukkan hubungan yang positif sebesar 81,0% yang dibuktikan dengan R 0,810, dengan variabel big five personality traits yang membeikan sumbangsih efektif sebesar 0,524 atau 52% sedangkan religiusitas sebesar 0,454 atau setara dengan 45%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa diterima, yaitu terdapat hubungan antara religiusitas dan big five personality traits dengan alruisme pada relawan covid 19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofa, Faizatusfaizatus.shofa96@gmail.comJ71216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidi, Hamimhamimrosyidi@gmail.com2024086201
Subjects: Agama
Psikologi
Psikologi Sosial
Keywords: altruism; religiosity; big five personality traits; volunteers
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Faizatus Shofa
Date Deposited: 11 Nov 2023 23:33
Last Modified: 11 Nov 2023 23:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58820

Actions (login required)

View Item View Item