Pemberdayaan komunitas PKK dalam memenuhi aspek hifz nafs melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga (toga) di era pandemi covid-19 : (Studi Pada RT/RW 001/004 Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung Kota Batam)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Azizah Irodah (2022) Pemberdayaan komunitas PKK dalam memenuhi aspek hifz nafs melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga (toga) di era pandemi covid-19 : (Studi Pada RT/RW 001/004 Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung Kota Batam). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizah Irodah Ali_B52217032.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian mengenai pemberdayaan komunitas PKK di Tembesi Lestari. Peneliti mengamati hal ini dipicu oleh Covid yang terus mewabah dikota Batam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui relevansi komunitas PKK dan perubahan komunitas dalam memenuhi aspek hifz nafs melalui pemanfaatan TOGA. Aspek hifz nafs yang dimaksud adalah menjaga kesehatan di era pandemi. Komunitas PKK menjadi subjek dari pergerakan dalam upaya pemenuhan aspek hifz nafs yang diteliti. Upaya dalam menganalisis data menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) menjadikan potensi dan asset serta kekuatan guna pemanfaatan mandiri atau kelompok secara maksimal. Teknik analisis yang digunakan berupa kecenderungan dan perubahan serta skala prioritas untuk mengungkapkan perubahan dan prioritas yang direalisasikan untuk memaksimalkan aset. Perubahan sosial yang terjadi saat pandemi Covid-19, TOGA difungsikan sebagai barang yang dikonsumsi guna menjaga kesehatan tubuh dan obat dari penyakit komorbid individu. Perubahan ini mengungkapkan bahwa komunitas PKK relevan dalam memenuhi aspek hifz nafs di era pandemi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Azizah IrodahAzizahirodah123@gmail.comB52217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHalim, Abd.halim2014999@gmail.com2025076301
Subjects: Masyarakat
Keywords: pemberdayaan komunitas; hifz nafs; toga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: azizah azizah irodah ali
Date Deposited: 09 Jan 2023 05:42
Last Modified: 09 Jan 2023 05:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58827

Actions (login required)

View Item View Item