Analisis efektivitas program kartu prakerja dalam penyerapan tenaga kerja di Kota Surabaya pada masa pandemi COVID-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dun’, Nisa’Asa’ (2022) Analisis efektivitas program kartu prakerja dalam penyerapan tenaga kerja di Kota Surabaya pada masa pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asa' Dun' Nisa'_G71218032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Program Kartu Prakerja merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan dengan memberikan bantuan keuangan kepada pencari kerja, pekerja yang dirumahkan, atau pekerja yang perlu meningkatkan kompetensi kerja, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 dan Sektor Ekonomi Nomor 11 Tahun 2020 mengatur tentang Program Kartu Prakerja. Pemerintah menggunakan kebijakan tersebut untuk memberikan perlindungan sosial dalam upaya memulihkan perekonomian nasional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena atau masalah dari apa yang diteliti. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Hasilnya, metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan untuk membuat gambaran fenomena yang ada yang tidak berdasarkan perhitungan statistik atau angka, melainkan pada naskah wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dari kantor pusat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kementrian Ekonomi (PPID Kemenko), BPS, dan dokumen lainnya. Berdasarkan pada hasil penelitian di simpulkan bahwa efektivitas program kartu prakerja dalam penyerapan tenaga kerja di Kota Surabaya pada masa Pandemi Covid-19 kurang efektif karena tidak mengakibatkan perubahan yang signifikan pada kemampuan peserta program dalam mencari pekerjaan. Saran dalam penelitian ini adalah bahwa selama tahap pelatihan, praktik tatap muka dan praktik langsung harus dilakukan sehingga benar-benar menambah kompetensi penerima, dan Kementerian Ketenagakerjaan harus bekerja sama dengan dunia kerja sehingga setelah lulus program kartu pra-kerja dapat langsung diserap di dunia kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dun’, Nisa’Asa’Ninisnisa299@gmail.comG71218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Kartu Prakerja; efektivitas; penyerapan tenaga kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nisa Asa’Dun’Nisa’ Ninis
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:57
Last Modified: 23 Feb 2023 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58828

Actions (login required)

View Item View Item