Analisis proses berpikir komputasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari gaya berpikir gregorc

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silvia, Sindy (2022) Analisis proses berpikir komputasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari gaya berpikir gregorc. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sindy Silvia_D94218065.pdf

Download (7MB)

Abstract

Salah satu materi pada mata pelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh siswa yaitu materi aljabar terutama jika disajikan dalam bentuk soal cerita. Siswa sering kali melakukan kesalahan pada tahap prosedur penyelesaian soal cerita aljabar, hal tersebut berkaitan dengan proses berpikir komputasi siswa. Proses berpikir komputasi diartikan sebagai proses yang terjadi dalam aktivitas mental seseorang yang mencakup dekomposisi, mengenali pola, berpikir algoritma serta melakukan generalisasi pola dan abstraksi. Dalam proses berpikir komputasi tersebut siswa mengalami perbedaan dalam proses menyusun penyelesaian soal, perbedaan tersebut dikarenakan perbedaan cara mendapatkan, mengatur, dan mengelola informasi yang diterima siswa yang dinamakan gaya berpikir. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir komputasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak abstrak. Penelitian ini penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMPN 13 Surabaya tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mengambil 2 siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, 2 siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak, 2 siswa yang memiliki gaya berpikir acak konkret, dan 2 siswa yang memiliki gaya berpikir acak abstrak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes soal cerita aljabar dan wawancara. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman berdasarkan indikator berpikir komputasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berpikir komputasi siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret, dan acak konkret memenuhi tiga indikator berpikir komputasi yaitu dekomposisi, pengenalan pola dan berpikir algoritma. Proses berpikir komputasi siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dalam menyelesaikan soal cerita aljabar telah memenuhi semua indikator berpikir komputasi yaitu dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma, dan generalisasi pola dan abstraksi. Sedangkan siswa dengan gaya berpikir acak abstrak hanya memenuhi satu indikator berpikir komputasi yaitu dekomposisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silvia, Sindysindysilvia131@gmail.comD94218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Metode
Pemikiran
Keywords: proses berpikir; berpikir komputasi; soal cerita; aljabar; gaya berpikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sindy Silvia
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:05
Last Modified: 09 Jan 2023 06:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58831

Actions (login required)

View Item View Item