Social deixis analysis of George Walker Bush's and Barrack Obama's first inaugural address

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farraz, Aditya Aulia (2022) Social deixis analysis of George Walker Bush's and Barrack Obama's first inaugural address. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aditya Aulia Farraz_A73217098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini meenemukan deiksis sosial yang digunakan oleh presiden George William Bush's dan Barrack Obama dalam pidato pelantikan kepresidenan. dan menyelidiki fungsi dari penggunaan social deixis. Penelitian ini memiliki 2 masalah yang harus dipecahkan (1) Apa jenis deiksis sosial yang digunakan dalam pidato pengukuhan pertama George Walker Bush dan Barrack Obama? (2) Apa fungsi deikis sosial yang ditemukan dalam pidato pengukuhan pertama George Walker Bush dan Barrack Obama? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam hal penggunaan deskripsi yang jelas dan sistematis tentang fenomena yang diteliti. Studi deskriptif karena peneliti mendeskripsikan setiap jenis deiksis sosial. Dan analisisnya dijelaskan secara jelas dalam bentuk paragraf. Informasi dikumpulkan dengan mengunduh transkripsi Pidato pelantikan kewarganegaraan dari Presiden George William Bush's dan Barrack Obama's. Transkripsi kemudian dianalisis dengan mengidentifikasi berbagai jenis deiksis sosial dalam teks yang sesuai dengan menggunakan kode yang sesuai. Penyelidikan dilanjutkan dengan menemukan fungsi dari deiksis sosial yang terdapat didalam pidato Merujuk pada hasil penelitian yang telah peneliti lakukan saat ini, honorifik bystander merupakan jenis deiksis sosial yang paling banyak muncul pada kedua pidato pengukuhan George. W. Bush dan Barack Obama dengan total 17 kejadian. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan deikis sosial tergantung pada subjek data yang diambil dan apakah bahasa yang digunakan di dalamnya formal atau tidak. Deiksis sosial lebih banyak muncul dalam subjek formal daripada subjek informal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farraz, Aditya Auliaadityaauliaaf@gmail.comA73217098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhandoko, Suhandokosuhandoko@uinsby.ac.id2028058902
Subjects: Bahasa Inggris
Linguistik
Keywords: social deixis; George Walker Bush; Barrack Obama; inaugural address
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Aditya Aulia Farraz
Date Deposited: 09 Jan 2023 05:21
Last Modified: 09 Jan 2023 05:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58832

Actions (login required)

View Item View Item