Kiprah Nihayatul Wafiroh di masyarakat; studi kepemimpinan perempuan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mariyam, Mariyam (2021) Kiprah Nihayatul Wafiroh di masyarakat; studi kepemimpinan perempuan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mariyam_F52917016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini meneliti tentang kepemimpinan Nihayatul Wafiroh di Masyarakat. Penelitian ini menarik karena sosok Nihayatul Wafiroh merupakan seorang ning dari Pondok Pesantren Blokagung Banyuwangi yang kini dipercaya sebagai pimpinan di parlemen. Ia berbeda dengan model kepemimpinan perempuan lainnya di Indonesia. Prosesnya menembus kultur pesantren, dibiayai partai politik, sampai dipercaya untuk jadi pimpinan di parlemen. Penelitian ini hendak menemukan konstruksi kepemimpinan Nihayatul Wafiroh dan Dampak Kepemimpinannya di Masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus. Kerangka teori yang digunakan adalah konstruksi sosial kepemimpinan serta teori Otoritas dari Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konstruksi kepemimpinan, Nihayatul Wafiroh mengalami proses pembentukan kepemimpinan di pesantren dengan dari nilai-nilai yang tumbuh dari pesantren berupa kesederhanaan, keikhlasan, dan spirit pengabdian disertai juga dengan cara berpikir Aswaja dengan kerangka tawazun, taadul, tasammuh, dan tawassuth. Nilai dan cara berpikir ini lalu di menjadi model kepemimpinannya. Selain itu, dengan menggunakan kerangka teoritik Weber tentang otoritas, peneliti menemukan bahwa pada saat berada di pesantren Nihayatul Wafiroh menggunakan otoritas kharisma. Strategi yang dilakukan oleh Nihayatul Wafiroh antara lain dengan menggunakan jalur keluarga di internal pesantren, kuasa sosial atas ilmu pengetahuan, dan juga relasi yang kuat di jejaring pesantren. Implementasinya adalah Nihayatul Wafiroh menggunakan kharisma dalam membuat keputusan, peraturan dan juga basis sosial keagamaannya yang kuat untuk menggerakkan santri dan masyarakat pada tujuan yang hendak dicapai. Dampaknya cukup dirasakan oleh masyarakat. Model kepemimpinannya mampu menggerakkan yang dipimpinnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mariyam, Mariyammariyam.banyuwangi@gmail.comF522917016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Masyarakat
Pesantren
Kepemimpinan
Keywords: Nihayatul Wafiroh; women's leadership; social construction; authority; Darussalam Blokagung Banyuwangi Islamic Boarding School.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Mariyam mariyam
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:49
Last Modified: 23 Feb 2023 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58845

Actions (login required)

View Item View Item