Studi keanekaragaman ethnomedisin di kawasan hutan kecamatan Kemlagi kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munjiddah, Silvi Nailul (2022) Studi keanekaragaman ethnomedisin di kawasan hutan kecamatan Kemlagi kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvi Nailul Munjiddah_H01218012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam hayati yang sangat melimpah. Tumbuhan yang dimiliki Indonesia sangat beragam mulai dari tumbuhan tingkat rendah hingga tingkat tinggi. Salah satu fungsi tumbuhan di Indonesia dapat dijadikan sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan obat terdiri dari ragam spesies, habitus, serta khasiat yang dimiliki. Tumbuhan obat merupakan warisan budaya dan bangsa berdasarkan pengalaman yang telah diwariskan secara turun-temurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan obat di kawasan hutan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian ini menggunakan metode Plotless. Hasil penelitian ditemukan 27 jenis tanaman dari 19 famili. Indeks nilai penting tertinggi tingkat herba pada spesies Ageratum conyzoides sebesar 54,17% dan Oplismenus burmanii sebesar 36,80%. Indeks nilai penting tingkat semak tertinggi pada spesies Urtica dioca sebesar 36,62%. Indeks nilai penting tingkat perdu tertinggi pada spesies Lepishantes rubiginosa sebesar 42,33%. Indeks keanekaragaman pada tingkat herba, semak, dan perdu dikawasan hutan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto tergolong rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munjiddah, Silvi NailulSilvinailul472@gmail.comH01218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id--
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com/saifulsi@uinsby2020048801
Subjects: Indeks
Keywords: ethnomedisin; ageratum conyzoides; oplismenus burmanii
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Silvi Nailul Munjiddah
Date Deposited: 09 Jan 2023 05:56
Last Modified: 09 Jan 2023 05:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58847

Actions (login required)

View Item View Item