Implementasi astronomical algorithm dalam pembuatan konversi terikh haiki menggunakan software microsoft spreadsheet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahid, Muhammad Syafi'uddin (2022) Implementasi astronomical algorithm dalam pembuatan konversi terikh haiki menggunakan software microsoft spreadsheet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syafi'uddin Wahid_C96218031.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembuatan program tarikh hakiki menggunakan buku "Astronomical Algorithm" karya Jean Meeus sebagai sumber data primer dan menggunakan software Microsoft Spreadsheet sebagai software yang menjalankan program. Sumber data sekunder merupakan bahan-bahan tertulis seperti buku-buku, laporan penulisan, laporan tugas akhir, jurnal ilmiah, koran, website. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah metode dokumentasi. Metode analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi sepuluh tahap yakni: 1. Potensi dan masalah. 2. Mengumpulkan informasi. 3. Desain program. 4. Validasi desain program. 5. Revisi program I. 6. Uji coba program. 7. Revisi program II. 8. Uji coba pemakaian. 9. Revisi program III. 10. Produk final. Hasil penelitian ini menjawab dua rumusan masalah bahwa, yang pertama implementasi astronomical algorithm dalam pembuatan konversi tarikh hakiki menggunakan software microsoft spreadsheet dapat berhasil dijalankan dan memberikan hasil yang efektif. Yang kedua berdasarkan hasil uji akurasi, implementasi perhitungan Astronomical Algorithm memiliki hasil yang presisi dengan ephemeris dari Kementrian Agama. Akan tetapi memiliki kelemahan dalam menghitung ketinggian hilal anomali perpotongan wilayah, yakni apabila dalam satu wilayah besar Indonesia ada yang sudah masuk kriteria visibilitas hilal dan ada yang belum masuk kriteria. Program konversi tarikh hakiki ini hanya dapat menghitung dari satu titik lokasi atau daerah dalam satu waktu. Diharapkan program ini dapat menjadi acuan tambahan dalam hisab rukyat di masyarakat dan serta dapat membantu mempermudah perhitungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahid, Muhammad Syafi'uddinsyafiuddin.mw@gmail.comC96218031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Adiadidamanhuri@uinsby.ac.id0301118605
Subjects: Hisab dan Rukyah
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Falak
Keywords: Pemrograman; spreadsheet; excel; astronomical algorithm; konversi tarikh hakiki
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Syafi'uddin Wahid
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:18
Last Modified: 11 Jan 2023 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58849

Actions (login required)

View Item View Item