Pengaruh teknologi informasi, time budget pressure dan skeptisisme profesional audit terhadap kualitas audit di masa pandemi covid-19: studi empiris KAP di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Aprillia Dwi (2022) Pengaruh teknologi informasi, time budget pressure dan skeptisisme profesional audit terhadap kualitas audit di masa pandemi covid-19: studi empiris KAP di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprillia Dwi Utami_G92218068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kualitas audit merupakan suatu fungsi penjamin yang digunakan untuk membandingkan kondisi yang sebenarnya dengan kondisi yang seharusnya. Agar laporan audit yang dihasilkan oleh auditor memiliki kualitas, auditor harus menjalankan pekerjaannya sesuai dengan Standar Auditing dan SPAP yang telah ditetapkan. Namun, dalam prakteknya ada beberapa kasus yang terjadi mengenai isu penurunan kualitas audit yang disebabkan dari sisi kinerja auditor. Auditor atau akuntan publik dituntut untuk memperoleh bukti audit yang memadai guna menghasilkan audit yang berkualitas. Tetapi di tengah pandemi saat ini, auditor atau akuntan publik mendapat tantangan dalam pemerolehan bukti audit. Tantangan ini ini mempengaruhi pola pikir, perilaku dan strategi dalam menyelesaikan tugasnya. Meningkatnya penggunaan teknologi dengan berbagai keterbatasan waktu yang diterima auditor serta sikap skeptis yang harus dimiliki seorang auditor juga merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses audit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknologi informasi, time budget pressure dan skeptisisme profesional audit terhadap kualitas audit di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu auditor yang bekerja di KAP di Jawa Timur, dengan sampel penelitian sebanyak 89 responden dari 21 KAP di Jawa Timur. Teknik penarikan sampel menggunakan metode convenience sampling. Serta, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS versi 25. Berdasar pada hasil uji hipotesis menggunakan uji t (parsial), didapatkan hasil bahwa variabel teknologi informasi dan skeptisisme profesional audit berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit dimasa pandemi covid-19. Sedangkan, variabel time budget pressure berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas audit dimasa pandemi covid-19. Serta hasil uji simultan (uji f) menunjukkan bahwa variabel teknologi informasi, time budget pressure, dan skeptisisme profesional audit secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit di masa pandemi covid-19 (studi empiris KAP di Jawa Timur).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Aprillia Dwiaprilliadwiu3@gmail.comG92218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id--
Subjects: Akuntansi
Perilaku
Keywords: teknologi informasi; time budget pressure; skeptisisme profesional audit; kualitas audit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Aprillia Dwi Utami
Date Deposited: 09 Jan 2023 05:33
Last Modified: 09 Jan 2023 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58850

Actions (login required)

View Item View Item