Tasawuf dan tradisi pesantren: studi pondok pesantren mambaul ulum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fhariza, Jordan Alin (2022) Tasawuf dan tradisi pesantren: studi pondok pesantren mambaul ulum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jordan Alin Fhariza_E07216004 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pondok pesantren Mambaul Ulum adalah pondok pesantren yg mendidik dan mengembangkan Tahfidzul Qur'an, yang di proses Diniyah juga diajarkan ilmu tauhid, fiqih, kepemimpinan dan lainnya seperti pesantren yang ada di Indonesia. Pesantren ini juga memiliki pendidikan formal mulai dari PAUD hingga SD, untuk jenjang pendidikan formal, sedangkan pendidikan tingkat lainnya di luar pondok yang jangkauanya kisaran 0.5 sampai 2 kilo meter. Pondok ini juga menampung pendidikan anak yatim dan dhuafa. Kegiatannya cukup padat dan diantaranya ada amalan jamaah khususiyah thoriqoh syazdiliyah. Suasana, nuansa pondok pesantren Mambaul Ulum ini cukup sejuk, damai diterima secara psikologis bagi siapa yg datang baik santri, wali santri maupun tamu yg hadir di lingkungan pondok ini. Pondok pesantren Mambaul Ulum dipilih menjadi objek penelitian dikarenakan pondok pesantren ini mengajarkan tasawuf yang diwujudkan dalam tradisi keseharian santri. Penelitian ini terdiri dari dua rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana Tasawuf dan Tradisi Pesantren di Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum Waru Sidoarjo? Dan 2) Bagaimana pengaruh Tasawuf dan Tradisi Pesantren pada kehidupan santri di Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum Waru Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/validasi data. Hasil penelitian meliputi: 1) Di Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum Waru Sidoarjo kehidupan santri selalu dihiasai dan dipengaruhi oleh nilai-nilai tasawuf. Mereka dibiasakan dengan wirid dan dzikir sehingga nilai-nilai tasawuf seperti Sabar dan lain-lain ditanamkan pada para santri. 2) Tasawuf Menjadi Roh dalam tradisi pesantren di pondok pesantren di pondok Mamba’ul Ulum sehingga para santri tidak hanya ngaji untuk tahu terapi juga untuk mengamalkan isi kitab yang mereka pelajari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fhariza, Jordan Alinjordanalinf23@gmail.comE07216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com201711700
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Terapi
Keywords: Tasawuf; tradisi pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: JORDAN ALIN FHARIZA
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:42
Last Modified: 06 Mar 2023 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58855

Actions (login required)

View Item View Item