Pengorganisasian masyarakat dalam pengelolaan mata air berbasis kearifan lokal di Dusun Sari Agung Desa Sari Mulyo Kecamatan Jombang Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juliansyah, Erwin (2022) Pengorganisasian masyarakat dalam pengelolaan mata air berbasis kearifan lokal di Dusun Sari Agung Desa Sari Mulyo Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erwin Juliansyah_B52218033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengorganisasian masyarakat dalam pengelolaan mata air berbasis kearifan lokal di Dusun Sari Agung Desa Sari Mulyo Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Upaya strategi yang dilakukan adalah dengan diskusi bersama masyarakat, melakukan pembinaan, pembentukan kelompok HIPPAM (Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum), pengelolaan mata air rumah tangga, membentuk jaringan perpipaan, dan adanya advokasi kebijakan kepada pemerintah desa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah ABCD yang mana berfokus pada aset dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat. Strategi ini memunculkan tahapan 5-D yakni Discovery, Dream, Design, Difine dan Destiny. Proses dampingan dilakukan oleh kelompok HIPPAM (Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum) dan Jamaah Yasin Tahlil di Dusun Sari Agung. Fasilitator melakukan dampingan dengan pengelolaan mata air di Dusun Sari Agung. Sportivitas masyarakat terlihat dari munculnya sikap antusias dalam melaksanakan kegiatan hinga evaluasi program. Proses yang dilalui memunculkan perubahan dengan terbentuknya kelembagaan berupa HIPPAM, pengajuan tandon kepada pihak terkait, pembentukan jaringan perpipaan, pengajuan PERDES (Peraturan Desa) dan masyarakat mampu mengelola Sair secara madiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juliansyah, Erwinerwinjuliansyah99@gmail.comB52218033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; HIPPAM; kemandirian masyarakat; mata air
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Erwin Juliansyah
Date Deposited: 11 Jan 2023 08:24
Last Modified: 11 Jan 2023 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58862

Actions (login required)

View Item View Item