Analisis kesesuaian dan daya dukung wisata kawasan pantai permata pilang, kecamatan Kademangan, kota Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asarudin, Muhammad Jibril (2021) Analisis kesesuaian dan daya dukung wisata kawasan pantai permata pilang, kecamatan Kademangan, kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Jibril Asarudin_H74216036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sumber daya pesisir di Kota Probolinggo salah satunya adalah wisata Pantai Permata Pilang. Pantai tersebut berada di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Pemanfaatan suatu wilayah menjadi lokasi wisata diperlukan penilaian Indeks Kesesuaian Wisata dan Daya Dukung Kawasan agar lokasi tersebut terjaga kelestariannya. Penelitian dilakukan dengan observasi lapangan (pengumpulan data primer dan data sekunder) selama 3 bulan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2020 di Pantai Permata pilang Kota Probolinggo, yang terbagi dalam tiga titik lokasi sampling. Pengumpulan data primer terdiri dari data perairan serta parameter kesesuaian wisata rekreasi pantai, seperti tipe pantai, lebar pantai, kemiringan pantai, kecerahan perairan, kecepatan arus, kedalaman perairan, material dasar perairan, penutupan lahan pantai, keberadaan biota berbahaya dan ketersediaan air tawar. Metode yang digunakan untuk analisis hasil penelitian adalah metode deskriptif dengan bantuan analisis Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) dan Daya Dukung Kawasan (DDK) yang menghasilkan nilai kesesuaian dan daya dukung kawasan wisata. Berdasarkan hasil yang didapat dari perhitungan Indeks kesesuaian wisata untuk kegiatan rekreasi pantai adalah 77,38% Hal ini menunjukkan bahwa wilayah pesisir Pantai Permata Pilang Kota Probolinggo tergolong dalam kategori Sangat Sesuai (S1) untuk kegiatan rekreasi pantai. Sedangkan nilai Daya Dukung Kawasan Pantai Permata Pilang sekitar 25.191 orang perharinya dengan luas area pemanfaatan wisata pantai adalah 30 Ha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asarudin, Muhammad Jibrilmuhammadjibrilasarudin@gmail.comH74216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@uinsby.ac.id2026098801
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Subjects: Ekologi
Keywords: indeks kesesuaian wisata; daya dukung kawasan; identifikasi potensi; pantai permata pilang
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Muhammad jibril Asarudin
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:00
Last Modified: 11 Jan 2023 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58881

Actions (login required)

View Item View Item