Alih kode dan campur kode pada Film Lara Ati karya Bayu Skak : kajian sosiolinguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marchelinia, Ninda bedani (2023) Alih kode dan campur kode pada Film Lara Ati karya Bayu Skak : kajian sosiolinguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninda Bedani Marchelinia_A04219015 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ninda Bedani Marchelinia_A04219015 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peristiwa alih kode dan campur kode yang terdapat dalam Film Lara Ati karya Bayu Skak. Objek film Lara Ati mengambil setting suasana mengharukan yang menyuguhkan kisah quarter life crisis yang biasa dialami orang-orang berusia 25 tahun ke atas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk serta fungsi alih kode dan campur kode dalam film Lara Ati. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan mendeskripsikan data dengan kata-kata menggunakan perspektif fenomena bahasa untuk memahami makna dari peristiwa-peristiwa dan interaksi-interaksi manusia Peneitian ini dikaji menggunakan pendekatan sosiolinguistik teori alih kode dan campur kode dari Wardhaugh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bentuk alih kode dancampur kode serta mendeskripsikan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penggunaan alih kode dan campur kode dalam film lara Ati. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa ditemukan beberapa penggunaan bentuk alih kode dan campur kode serta fungsi penggunaan kode-kode dalam film Lara Ati. Bentuk-bentuk alih kode yang ditemukan dibagi dalam kategori berdasarkan jumlah klausa, klasifikasi sintaksis, dan variasi kode. Berdasarkan jumlah klausanya, bentuk alih kode berupa kalimat simpleks, kompleks, majemuk, dan majemuk kompleks. Berdasarkan klasifikasi sintaksis, bentuk alih kode berupa kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, eksklamatif, campuran, dan pengingkaran. Sementara berdasarkan variasi kode, bentuk alih kode yang muncul berupa tingkat tutur dan bahasa. Adapun bentuk-bentuk campur kode yang ditemukan dalam kategori kata, frasa, dan variasi kode. Berdasarkan tataran morfologi atau kata, bentuk campur kode berupa kata dasar, pemendekan, dan perulangan kata. Berdasarkan tataran sintaksis atau frasa, bentuk campur kode berupa frasa verba, frasa adjektiva, frasa nomina, frasa pronominal, dan frasa numeralia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marchelinia, Ninda bedanimarchelinianinda@gmail.comA04219015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Subjects: Bahasa Indonesia
Film
Keywords: Alih kode; Campur Kode; Film
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Ninda bedani
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:25
Last Modified: 19 Dec 2023 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58894

Actions (login required)

View Item View Item