Pandangan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Jawa Timur terhadap implementasi kriteria new mabims dalam penetapan awal bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Su'udi, Muhammad Anjaz (2022) Pandangan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Jawa Timur terhadap implementasi kriteria new mabims dalam penetapan awal bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Anjaz Su'udi_C96218030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini ada dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana implementasi kriteria MABIMS baru dalam penetapan awal bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1443H. Kedua, bagaimana perspektif Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur dan Majelis Tarjih dan Tajdid PW Muhammadiyah Jawa Timur terhadap kriteria baru MABIMS. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan Field research yang merupakan salah satu metode dalam penelitian kualitatif yang tidak terlalu membutuhkan pengetahuan lebih mendalam ke literatur yang digunakan oleh peneliti. Penelitian ini lebih menekankan aspek sudut pandang dari lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur dan majelis Tarjih dan Tajdid PW Muhammadiah Jawa Timur terhadap kriteria Mabims baru dalam penetapan awal bulan hijriah. Menurut hasil penelitian kesimpulannya Nahdlatul Ulama sudah menerapkan kriteria MABIMS Baru sesuai keputusan surat PBNU Akan tetapi berdasarkan pengalaman pengimplementasiannya masih mengalami beberapa faktor kendala. Sedangkan menurut Majelis Tarjih dan Tajdid PW Muhammadiyah Jawa Timur Muhammadiah belum mengimplementasikan kriteria MABIMS baru karena terkendala beberapa faktor jika kriteria tersebut diimplementasikan maka harus melalui beberapa tahapan seperti yang sudah disebutkan pada Halqoh Nasional Muhammadiyah di Yogyakarta pada tahun 2016. Pemerintah harus mengadakan evaluasi setelah kriteria MABIMS baru diterapkan untuk bahan pertimbangan atau refrensi sosialisasi selanjutnya, dan pemerintah juga harus bisa menyatukan perbedaan antar ormas dengan mengajak musyawarah antar ormas untuk membahas kajian kriteria MABIMS Baru guna mendapatkan kesepakatan bersama antar ormas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Su'udi, Muhammad Anjazanjazsuudi@gmail.comC96218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Elly Uzlifatulellyuzlifah@uinsby.ac.id199110032019032018
Subjects: Hisab dan Rukyah
Falak
Keywords: Nahdlatul Ulama; Muhammadiyah; implementasi kriteria new mabims; dalam penetapan awal bulan Ramadan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Anjaz Su'udi
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:36
Last Modified: 11 Jan 2023 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58901

Actions (login required)

View Item View Item