Pengembangan media pembelajaran advension (adventure mission) mandiri berbasis macromedia flash 8 untuk meningkatkan minat belajar peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Hanifah Miftakhul (2022) Pengembangan media pembelajaran advension (adventure mission) mandiri berbasis macromedia flash 8 untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifah Miftakhul Hasanah_D74216053.pdf

Download (6MB)

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu hal yang penting dalam memulai suatu pembelajaran. Minat akan membuat konsentrasi peserta didik lebih tinggi sehingga materi yang diajarkan akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Advension (Adventure Mission) mandiri berbasis macromedia flash 8 yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dihasilkan merupakan media pembelajaran Advension (Adventure Mission) Mandiri yang berbasis macromedia flash untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas X MA Al-Machfudzoh Sidoarjo. Data penelitian diperoleh dari field note, lembar validasi, angket dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis proses pengembangan media, analisis kevalidan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran, dan analisis keefektifan media pembelajaran Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada tahap analysis diperoleh informasi bahwa peserta didik MA Al-Machfudzoh Sidoarjo memiliki minat belajar yang rendah hingga sedang dalam pembelajaran matematika dan peserta didik diperbolehkan mengoperasikan PC/Laptop di dalam kelas dengan izin dan pengawasan dari guru. Adapun pada tahap design diperoleh rancangan media pembelajaran Advension (Adventure Mission) Mandiri. Kemudian tahap selanjutnya adalah development dan diperoleh prototipe media pembelajaran. Pada tahap implementation diperoleh data hasil validasi ahli media, data hasil respon guru matematika, data nilai tes hasil belajar, data hasil respon peserta didik, data hasil minat belajar peserta didik. Adapun pada tahap evaluation diperoleh analisis dari data yang telah diperoleh. Selanjutnya media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata total validasi 92%. Kemudian media pembelajaran yang dikembangkan juga dinyatakan praktis dengan memperoleh kategori A dengan keterangan dapat digunakan tanpa revisi dan hasil persentase respon guru matematika sebesar 86%. Media pembelajaran yang dikembangkan juga dinyatakan efektif dengan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 90%, hasil respon peserta didik sebesar 82%, dan peningkatan minat belajar peserta didik memperoleh nilai N-Gain 0,47 dengan kriteria sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Hanifah Miftakhulhanifahmifta5@gmail.comD74216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Minat Siswa
Matematika
Pendidikan
Keywords: media; pembelajaran mandiri; meningkatkan minat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hanifah Miftakhul Hasanah
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:03
Last Modified: 12 Jan 2023 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58920

Actions (login required)

View Item View Item