Literary materials selection for English language teaching in different study programs

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indahsari, Lilin Nur (2022) Literary materials selection for English language teaching in different study programs. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilin Nur Indahsari_D05217007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Menemukan teks sastra pada tingkat bahasa yang benar diperlukan. Seharusnya tidak terlalu sulit bagi siswa yang tidak dapat menyimpulkan arti tertentu item leksikal, juga tidak terlalu mudah sehingga tidak ada tantangan dan tidak ada penguasaan kosakata. Kesadaran bahasa guru sendiri dan pengetahuan tentang tingkat kemahiran siswa mereka pada akhirnya memberikan panduan terbaik untuk pengambilan keputusan. Desain penelitian kualitatif digunakan peneliti dalam penelitian ini. Dua guru bahasa Inggris dan 60 siswa dengan jurusan yang berbeda, 34 siswa jurusan IPA dan 26 siswa jurusan IPS di SMAN 1 Sekaran Lamongan menjadi partisipan dalam penelitian ini. Data diperoleh dengan menggunakan checklist dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa baik guru IPA dan IPS menggunakan berbagai jenis bahan sastra dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris dan Sastra terutama artikel, esai, legenda, cerita pendek, film, puisi, dan peribahasa serta teka-teki. Guru dari kedua jurusan tersebut berkonsentrasi pada silabus yang sama. Akibatnya, tidak ada perbedaan besar dalam materi yang digunakan untuk program studi IPA dan IPS. Ada tiga bidang pertimbangan utama yang diambil oleh guru dalam memilih bahan sastra. Yaitu (1) jenis kursus termasuk tingkat siswa dan intensitas/lama kursus; (2) karakter siswa meliputi minat/hobi siswa, latar belakang budaya dan kemampuan berbahasa dan (3) faktor yang berkaitan dengan teks meliputi ketersediaan teks, pemanfaatan teks, dan kesesuaian dengan silabus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indahsari, Lilin Nurlilinnur4@gmail.comD05217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSafriyani, Rizkarizkasafriyani@uinsby.ac.id2014098401
Thesis advisorMadjid, Hilda Izzatihildaizzati@uinsby.ac.id2010028601
Subjects: Pendidikan > Bahasa Inggris
Keywords: Bahan sastra; pengajaran bahasa Inggris; program belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lilin Nur Indahsari
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:04
Last Modified: 23 Feb 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58922

Actions (login required)

View Item View Item