Analisis resepsi sastra terhadap novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy: tinjauan resepsi sastra wolfgang iser

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Lailatul (2023) Analisis resepsi sastra terhadap novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy: tinjauan resepsi sastra wolfgang iser. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Maghfiroh_A04219007.pdf

Download (817kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis resepsi sastra unsur intrinsik dan aspek sosial yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy terbitan tahun 2010 yang mendapat julukan novel pembangun jiwa. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana resepsi sastra berdasarkan unsur intrinsik, aspek sosial cerita dan perbandingan dengan isu terkini dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini menggunakan teori resepsi sastra Wolfgang Iser. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Teknik yang digunakan adalah teknik membaca dan mencatat. Analisis dan pembahasan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga, yaitu analisis unsur intrinsik, aspek sosial dan perbandingan dengan isu terkini. Dari hasil analisis yang lakukan dapat disimpulkan (1) Gambaran unsur intrinsik dalam novel Bumi Cinta meliputi tema tentang perjuangan mempertahankan iman, tokoh dan penokohan meliputi tokoh utama, tokoh pendukung dan tokoh tambahan, latar yang digunakan merupakan latar waktu, tempat dan suasana, bahasa yang digunakan cukup beragam selain bahasa Indonesia juga menggunakan bahasa asing, bahasa daerah serta permajasan seperti simile, hiperbola, personifikasi dan metafora. (2) Aspek sosial meliputi agama/kepercayaan, interaksi lingkungan, kriminalitas dan perilaku hubungan seksual. (3) Perbandingan isi cerita novel Bumi Cinta dengan isu kekinian telah terjadi banyak perubahan kondisi sosial setelah terjadinya invasi Rusia terhadap Ukraina.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Lailatulmaghfirohlailatul117@gmail.comA04219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Agama
Konflik sosial
Sastra
Keywords: Resepsi sastra; unsur intrinsik; aspek sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: lailatul maghfiroh maghfiroh
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:50
Last Modified: 07 Mar 2023 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58937

Actions (login required)

View Item View Item