Peranan elongasi tertinggi bulan Purnama dalam penentuan awal bulan Kamariah sebagai pembantu proses ru’yah yang berkualitas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqi, Jakfar (2022) Peranan elongasi tertinggi bulan Purnama dalam penentuan awal bulan Kamariah sebagai pembantu proses ru’yah yang berkualitas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jakfar Rizqi_C96218025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dengan menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah, meliputi: bagaimana perhitungan sudut elongasi tertinggi Bulan Purnama untuk menentukan awal Bulan Kamariah, serta bagaimana peranan sudut elongasi tertinggi Bulan Purnama untuk menentukan awal Bulan Kamariah. Penulisan dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis penelitian pustaka dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana jenis penelitian ini memecahkan masalah dengan mengumpulkan data dan menggambarkan peristiwa lalu disusun, dijelaskan, dan dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Peneliti menggunakan metode ini untuk memberikan gambaran secara luas mengenai pengujian keakurasiaan kriteria Rukyat NU, Wujudul hilal, dan al-Imkan al-Ru’yah dengan menggunakan Elongasi tertinggi bulan Purnama. Hasil temuan dalam penelitian ini, bahwa perhitungan elongasi Bulan Purnama dapat berperan dalam menentukan awal Bulan Kamariah karena elongasi dapat mengetahui farksi iluminasi bulan dan mengetahui konfigurasi kedudukan bulan (fase bulan). Dalam kurun waktu 10 tahun, terdapat 16 bulan yang memiliki perbedaan awal bulanya dengan menggunakan tiga kriteria Rukyat NU, Wujudul hilal, dan Imkan al-ru’yah. Pada praktiknya dimasyarakat Rukyat NU dan Imkan al-ru’yah relatif sama. Berdasarkan pengujian kriteria Rukyat NU, Wujudul hilal, dan Imkan al-ru’yah menggunakan Elongasi tertinggi Bulan Purnama pada 16 bulan di atas menghasilkan 10 bulan sesuai oleh kriteria Rukyat NU dan Imkan al-ru’yah dan 6 Bulan sesuai oleh kriteria Wujudul hilal Dengan berkembangnya keilmuan dan teknologi yang semakin maju, Maka diharapkan pengujian keakurasian tiga kriteria ini dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan awal Bulan Kamariah di seluruh dunia, utamanya di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqi, Jakfarjakfar.rizqi@gmail.comC96218025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorQulub, Siti Tatmainulnungky_diamond@yahoo.com2029128901
Subjects: Fikih
Hukum Islam
Hisab dan Rukyah
Keywords: Elongasi; bulan Purnama; penentuan awal; bulan Kamariah; ru’yah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Jakfar Rizqi
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:06
Last Modified: 27 Jun 2023 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58938

Actions (login required)

View Item View Item