Tinjauan kompilasi hukum Islam terhadap isbat nikah massal oleh Pengadilan Agama Mojokerto yang dikoordinir oleh Pimpinan Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (PC LKKNU) Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Lailatul (2022) Tinjauan kompilasi hukum Islam terhadap isbat nikah massal oleh Pengadilan Agama Mojokerto yang dikoordinir oleh Pimpinan Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (PC LKKNU) Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Fitriyah_C91216099.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini ditujukan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan sesuai rumusan masalah sebagaimana berikut: Bagaimana pelaksanaan isbat nikah massal oleh Pengadilan Agama Mojokerto yang dikoordinir oleh Pimpinan Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (PC LKKNU) Kabupaten Mojokerto? Dan bagaimana relevansi isbat nikah massal oleh Pengadilan Agama Mojokerto yang dikoordinir oleh Pimpinan Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (PC LKKNU) Kabupaten Mojokerto dengan Kompilasi Hukum Islam. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif analisis, yaitu data dirangkai secara sistematis sebagai data kredibel. Selanjutnya data tadi diolah kemudian dianalisis memakai Kompilasi Hukum Islam. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, peserta yang mengikuti program isbat nikah massal yang dikoordinir oleh Pimpinan Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (PC LKKNU) Kabupaten Mojokerto dan permohonan isbat nikahnya dikabulkan oleh Pengadilan Agama Mojokerto, mereka mendapatkan Akta Nikah. Alasan salah satu peserta mengikuti isbat nikah massal yakni untuk kepentingan akta kelahiran anak yang sedang dikandungnya. Kedua, pelaksanaan isbat nikah massal yang dikoordinir oleh Pimpinan Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (PC LKKNU) Kabupaten Mojokerto sudah relevan dengan Kompilasi Hukum Islam. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan bagi masyarakat Mojokerto hendaknya berusaha semaksimal mungkin mendaftarkan pernikahannya ke Kantor Urusan Agama (KUA) setempat agar pernikahannya dicatatkan. Bagi Pimpinan Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (PC LKKNU) Kabupaten Mojokerto selain mengkoordinir isbat nikah massal, hendaknya juga menyelenggarakan talk show atau semacamnya kepada masyarakat Mojokerto mengenai pentingnya pencatatan pernikahan guna untuk meminimalisir pelaksanaan nikah siri yang terjadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Lailatullailatulf554@gmail.comC91216099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunif, M. Faisholm.faisolmunif@gmail.com2031125805
Subjects: Hukum Islam
Nikah
Keywords: Hukum Islam; isbat nikah massal; Pimpinan Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (PC LKKNU)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Lailatul Fitriyah
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:41
Last Modified: 07 Mar 2023 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58940

Actions (login required)

View Item View Item