Kajian tematik hadis-hadis tentang keutamaan wanita virgin: prespektif medis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Muhammad Khoirul (2023) Kajian tematik hadis-hadis tentang keutamaan wanita virgin: prespektif medis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamamd Khoirul Huda_E95218092.pdf

Download (1MB)

Abstract

Problematika mengenai keperawanan sampai kapanpun akan menjadi perdebatan sosial, dimana virginity adalah suatu bentuk sakralitas yang berharga sebagai representasi harga diri perempuan, terlebih bagi perempuan yang belum pernah menikah. Banyak perceraian antara suami dan istri disebabkan oleh masalah virginitas. Di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang menganggap virginitas menjadi sebuah suatu yang sakral dalam sebuah pernikahan. Oleh karena itu jika suami telah mendapati istrinya sudah tidak seperti apa yang diaharapkannya, maka akan timbul respon. Respon yang dikeluarkan tiap individu berbeda-beda, ada yang menerima dan ada juga reaksi individu yang tidak terima perihal tersebut yang akhirnya menimbulkan konflik dikarenakan adanya rasa kecewa dan tertipu, dimana respon tersebut berujung dengan mengambil jalan khiyar, melanjutkan pernikahan atau berpisah. Peneliti mengkaji mengenai keutamaan wanita virgin menggunakan prespektif medis. Dalam kajian ini penulis akan meneliti tentang keutamaan wanita virgin yang disajikan melalui hadis-hadis Nabi yang dikumpulkan pada suatu tema yaitu mengenai Virgin. Kemudian hadis-hadis Nabi SAW tersebut akan dikaji dari segi kualitas, kehujjahan, makna serta implikasinya. Tujuan dalam kajian ini yaitu untuk mengetahui kualitas hadis-hadis Nabi SAW tentang keutamaan wanita virgin dan untuk mengetahui apa saja konsep dalam virgin dalam hadis Nabi serta mengetahui padangan-pandangan umum dari keilmuan Medis terkait pemaknaan hadis tersebut. Adapun manfaat dari penelitian ini untuk kedepannya sebagai sarana pengetahuan tentang virginitas bagi yang ingin menikah dan juga sebagai anjuran cara memilih pasangan yang ideal. Dalam menjawab kajian ini, peneliti menggunakan beberapa metodologi penelitian. Adapun model penelitian dalam kajian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengungkapkan fakta dalam narasi verbal. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode deskriptif serta pada analisisnya juga menggunakan metode yang sama yaitu analisis deskriptif untuk menganalisis dan menggambarkan data yang didapat. Teknik pengumpulan data hadis diperoleh melalui kajian kepustakaan dengan memaparkan hadis hadis Nabi SAW yang setema mengenai virgin. Kesimpulan dari kajian ini mengenai hadis-hadis Nabi SAW tentang virgin ada yang berstatus dha’if, namun ada satu hadis yang menjelaskan suatu pemahaman yang sama mengenai virgin dan diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang mana kualitas hadis itu shahih dan bisa dijadikan sebagai penguat pada hadis yang dha’if tersebut. Kemudian ada juga hadis yang berkualitas hasan li dzathi, dikarenakan ada periwayat yanng berstatus sadduq dan tidak ada riwayat lain yang dapat mengangkat derajat hadis tersebut. Dan pada konsep virgin dalam hadis Nabi ada 2 poin yakni anjuran memilih wanita perawan dan mendahulukan gadis daripada janda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Muhammad Khoirulmkhoirulhuda7920@gmail.comE95218092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umarumarfaruq@uinsby.ac.id2005076201
Subjects: Wanita
Keywords: Virgin; medis; hadis Nabi SAW
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhammad Khoirul Huda
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:53
Last Modified: 20 Jun 2023 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58942

Actions (login required)

View Item View Item