Kontroversi ucapan selamat Hari Raya Nawruz agama Baha’i oleh Menteri Agama Yaqut dalam perspektif Buya Yahya: analisis konten isi klauss Krippendorff

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Salmarifa Febriyani (2023) Kontroversi ucapan selamat Hari Raya Nawruz agama Baha’i oleh Menteri Agama Yaqut dalam perspektif Buya Yahya: analisis konten isi klauss Krippendorff. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salmarifa Febriyani Abdullah_E91218096 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang tanggapan Buya Yahya terhadap pesan Selamat Hari Raya Nawruz oleh Menteri Agama Yaqut pada keyakinan Baha'i. Karena Agama Baha'i tidak secara resmi diakui di Indonesia, maka pernyataan Menteri Agama tersebut memicu kontroversi di masyarakat. Oleh karena itu, Buya Yahya memberikan ceramah tentang tanggapannya terhadap ucapan Menteri Agama di kanal youtube Al-Bahjah TV. Permasalahan pertama dalam penelitian ini adalah bagaimana kontroversi seputar ucapan Selamat Hari Raya Nawruz Agama Baha'i oleh Menteri Agama Yaqut dalam perspektif Buya Yahya. Persoalan kedua adalah bagaimana dari sudut pandang Buya Yahya kontroversi seputar ucapan Menteri Agama Yaqut tentang Selamat Hari Raya Nawruz Agama Baha'i jika dikaji dengan teori analisis isi Klauss Krippendorff. Metode analisis deskriptif penelitian kepustakaan digunakan dalam penelitian ini. Dari penelitian ini terungkap bahwa ucapan selamat hari raya pada Agama Baha'i oleh Menteri Agama ini sebagai bentuk toleransi yang sejalan dengan salah satu kebijakan beliau, yaitu moderasi beragama. Sudah menjadi hal wajar seorang Menteri Agama mengucapkan selamat kepada agama lain. Menurut Buya Yahya tidak masalah berbuat baik dengan agama lain tetapi jangan sampai menyakiti orang seagama. Tanggapan Buya Yahya ini dikaji dengan menggunakan teori analisis konten isi Klauss Krippendorff yang diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu analisis isi pragmatis, analisis isi semantik, dan analisis sarana tanda. Buya Yahya berpendapat bahwa toleransi dalam Islam tidak sebatas saling mengucapkan selamat hari raya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Salmarifa Febriyanisalmarifa07@gmail.comE91218096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Agama Baha’i; menteri agama; Buya Yahya; analisis konten isi klauss Krippendorff
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Salmarifa Febriyani Abdullah
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:31
Last Modified: 17 Mar 2023 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58968

Actions (login required)

View Item View Item