Sejarah syi'ir tawasul dan tradisi pembacaannya di Pondok Modern Al-Rifa'ie Satu Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauza, Safina (2023) Sejarah syi'ir tawasul dan tradisi pembacaannya di Pondok Modern Al-Rifa'ie Satu Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safina Jauza_A92219111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Syi’ir Tawasul dan Tradisi Pembacaannya di Pondok Modern Al-Rifa’ie Satu Malang”. Peneliti menjawab permasalahan mengenai tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Pondok Modern Al-Rifa’ie Satu? (2). Bagaimana Sejarah awal mula adanya Syi’ir Tawasul dan Tradisi Pembacaannya di Pondok Modern Al-Rifa’ie Satu? (3). Bagaimana Nilai-Nilai yang terkandung pada Syi’ir Tawasul di Pondok Modern Al-Rifa’ie Satu?. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber data), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologi-sosiologi yang akan mendeskripsikan peristiwa secara konseptual melalui prespektif budaya suatu kelompok. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori dari ilmu sosiologi, yaitu teori Fungsionalisme-Struktural Emile Durkheim. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). Pondok Modern Al-Rifa’ie didirikan oleh KH. Achmad Zamachsyari di Desa Ketawang Gondanglegi Malang dan diresmikan pada tanggal 9 September 1999. Dengan pola pikir para pendiri maupun pengasuh pondok pesantren ini tentunya Al-Rifa’ie dapat mengikuti arus perkembangan zaman. (2). Syi’ir Tawasul Al-Rifa’ie diresmikan pada tahun 2018 dan menjadi tradisi yang dibudayakan oleh pondok pesantren. (3). Syi’ir tersebut mengandung nilai-nilai islam yang bertujuan agar menjadi sebuah pedoman bagi santriawati Al-Rifaie satu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauza, Safinasafina.jauza123@gmail.comA92219111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id.2012086901
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuibnuhajar@uinsby.ac.id.2006086802
Subjects: Pesantren
Tradisi Islam
Keywords: Pondok Pesantren; syi’ir; salaf; modern
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Safina Jauza
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:26
Last Modified: 23 Feb 2023 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58978

Actions (login required)

View Item View Item