Uji akurasi penentuan arah kiblat hotel Gunawangsa Merr dan Gunawangsa Manyar di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoir, Shofa Miftachul (2023) Uji akurasi penentuan arah kiblat hotel Gunawangsa Merr dan Gunawangsa Manyar di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofa Miftachul Khoir_C96218033 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu penelitian lapangan. Menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yaitu hasil wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder didapatkan dari berbagai sumber terkait. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku, artikel, jurnal, dan arsip terkait dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan observasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analitis dan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Gunawangsa Merr dan Gunawangsa Manyar di kota Surabaya yang menjadi objek penelitian, metode dan pengukuran arah kiblat dilakukan menggunakan alat kompas. Kesimpulan berikutnya, penelitian terhadap Hotel Gunawangsa Merr dan Gunawangsa Manyar di Kota Surabaya dengan menggunakan azimuth dengan implementasi pada alat theodolite dan GPS terdapat deviasi antara -10° hingga 75°. Saran dari penulis yaitu perlu adanya catatan arsip resmi berupa dokumentasi dan refrensi literasi terkait dengan penelitian arah kiblat yang pernah dilakukan oleh pihak-pihak hotel Gunawangsa Merr dan Gunawangsa Manyar di kota Surabaya dan meminta bantuan kepada organisasi keagaaman setempat guna ditindaklanjuti ke pihak-pihak berwenang atau terkait yang paham dan mengerti keilmuwannya guna menentukan arah kiblat tempatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoir, Shofa Miftachulshofamiftachul97@gmail.comC96218033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Falak
Keywords: Arah kiblat; Sholat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: shofa miftachul khoir
Date Deposited: 04 Dec 2023 21:15
Last Modified: 04 Dec 2023 21:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59008

Actions (login required)

View Item View Item