Pengaruh kepadatan ruang kelas terhadap proses pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktafia C.N, Menik (2016) Pengaruh kepadatan ruang kelas terhadap proses pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Dalam sistem pendidikan, para generasi akan menjadi come in untuk diproses sehingga mencetak come out yang mampu menopang keberlanjutan perkembangan bangsa. Begitu sentralnya fungsi pendidikan, sehingga setiap detail dari sistem yang dijalankannya harus diperhatikan dan dijaga. Seperti halnya proses pembelajaran di dalam kelas dengan kondisi ruang kelas yang padat, ini merupakan salah satu contoh kesalahan dalam penerapan sistem yang harus segera diperbaiki. Ruang kelas dengan jumlah peserta didik yang tidak sesuai kapasitas ukuran kelas akan menyebabkan beberapa gangguan dalam berjalannya proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis menggunakan kondisi kepadatan ruang kelas sebagai bahan penelitian skripsi, tepatnya kepadatan ruang kelas di SMA Negeri 2 Sidoarjo.
Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimanakah kepadatan ruang kelas di SMA Negeri 2 Sidoarjo? 2) Bagaimanakah proses pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo? 3) Apakah kepadatan ruang kelas berpengaruh terhadap proses pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo?
Penulis menggunakan penelitian kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah tersebut. Agar hasil penelitian valid dan dapat dipertanggung jawabkan, peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data, yaitu: metode dokumentasi, wawancara, observasi dan pengisian angket. Keempat metode tersebut kemudian menghasilkan data kualitatif dan kuantitatif regresi sederhana.
Analisis hasil data kualitatif menunjukkan bahwa kepadatan ruang kelas di SMA Negeri 2 Sidoarjo sebagian besar diluar standar kapasitas luas kelas. Kelas yang ukurannya 7,5m x 7,5m seharusnya memiliki jumlah peserta didik maksimal 28-29 siswa (dengan rasio 2m²/peserta didik), namun di SMA Negeri 2 Sidoarjo rata-rata tiap kelasnya memiliki 39-41 peserta didik. Sedangkan, proses pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo sudah menggunakan K13 yang dimana dalam prosesnya banyak sekali varian kegiatan edukatif. Analisis hasil data kualitatif menyatakan bahwa kepadatan ruang kelas berpengaruh terhadap proses pembelajaran PAI. Kemudian dari analisis hasil data kuantitatif dengan menggunakan penghitungan statistika regresi sederhana, menyatakan bahwa Fo > Ftabel ( 32,781 > 4,02). Oleh karena itu Ho ditolak dan menerima Ha, atau ada pengaruh yang signifikan dari kepadatan ruang kelas terhadap proses pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktafia C.N, Menikmenik.octavia@gmail.comD71211124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Menik Oktafia Choirun N
Date Deposited: 22 Apr 2016 06:51
Last Modified: 29 Nov 2019 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item View Item