Arsitektur dan fungsi sosial masjid akbar moed'har arifin sidayu gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiana, Fifa (2023) Arsitektur dan fungsi sosial masjid akbar moed'har arifin sidayu gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fifa Shofiana_A92217069.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologis. Pendekatan historis bertujuan untuk mengungkap dan memaparkan sejarah Masjid Akbar Moed’har Arifin. Pendekatan sosiologis bertujun untuk menjelaskan fungsi-fungsi Masjid Akbar Moed’har Arifin. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Semiotik dan Teori Fungsional. Sedangkan metode yang digunakan ada empat tahap yaitu: heuristic (pengumpulan data), verifikasi (kritik data), interpretasi (penafsiran data), dan historiografi (penulisan sejarah). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masjid Akbar Moed’har Arifin didirikan pada 9 April 2020 sebagai wujud dari cita-cita pendiri dengan tujuan digunakan untuk beribadah masyarakat, karyawan dan musafir dalam 24 jam. Perkembangan masjid terlihat dari para jamaah yang dari tahun meningkat dari masyarakat dan musafir yang singgah beristirahat. 2) Masjid Akbar Moed’har Arifin memiliki konsep arsitektur kontemporer dengan menggabungkan arsitektur Islam, Jawa dan Eropa yang masing-masing bagian arstikturnya terdapat makna. 3) Masjid Akbar Moed’har Arifin memiliki berbagai fungsi sosial dan berpengaruh terhadap masyarakat sekitar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiana, Fifashofianafifa@gmail.comA92217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com197712212005011003
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2005196
Subjects: Arsitektur
Masjid
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Arsitekur; fungsi sosial; masjid; gresik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fifa Shofiana shofiana
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:33
Last Modified: 10 Apr 2023 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59011

Actions (login required)

View Item View Item