Pengembangan e-modul berbasis pendekatan STEM sebagai media untuk melatih kemandirian belajar siswa pada materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Qorik Prastika (2022) Pengembangan e-modul berbasis pendekatan STEM sebagai media untuk melatih kemandirian belajar siswa pada materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qorik Prastika Agustin_D94218063 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu aspek yang dibutuhkan dalam proses belajar matematika adalah kemandirian belajar. Salah satu upaya untuk melatih kemandirian belajar siswa adalah dengan menggunakan e-modul. Pada penelitian ini dikembangkan e-modul dengan pendekatan STEM untuk melatih kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul dan menghasilkan produk e-modul berbasis pendekatan STEM yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemandirian belajar siswa pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (penelitian dan pengembangan). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,and Evaluation). Uji coba e-modul pada penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-B MTs Imam Syafi’i Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan catatan lapangan (field note) dan angket untuk validasi media oleh validator, untuk mengetahui respon siswa, dan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk mengolah hasil data dari proses pengembangan, uji validitas media, angket respon siswa dan angket kemandirian belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan pada tahap analisis diperoleh materi/isi untuk e-modul, informasi mengenai software pengembang e-modul dan pemilihan software Sigil untuk mengembangkan e-modul. Pada tahap desain diperoleh desain cover e-modul dan susunan materi. Pada tahap pengembangan diperoleh e-modul dengan format e-pub. Pada tahap implementasi diperoleh data respon siswa dan data kemandirian belajar siswa. Pada tahap evaluasi diperoleh hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, serta e-modul yang telah direvisi berdasarkan saran validator. Selanjutnya, e-modul dinyatakan valid oleh kedua validator dengan persentase rata-rata sebesar 76%. E-modul dinyatakan praktis setelah memenuhi aspek teori dengan keterangan layak digunakan dengan sedikit revisi dengan nilai B oleh validator dan memenuhi aspek praktik dengan hasil persentase respon siswa 98,45% dalam kategori sangat positif. E-modul juga dinyatakan efektif untuk melatih kemandirian belajar siswa dengan hasil persentase kemandirian belajar siswa sebesar 84,25% dalam kategori sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Qorik Prastikaqorikprastika@gmail.comD94218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Teknologi
Keywords: Kemandirian belajar; pendekatan STEM; e-modul
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Qorik Agustin
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:42
Last Modified: 28 Feb 2023 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59012

Actions (login required)

View Item View Item