Konsep Ihsan perspektif Syaikh Nawawi Al Bantani dalam pembentukan karakter muslim: analisis QS. Al Baqarah Ayat 83 dan QS. Al Nisa Ayat 36

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amri, M. Rizky Ulil (2022) Konsep Ihsan perspektif Syaikh Nawawi Al Bantani dalam pembentukan karakter muslim: analisis QS. Al Baqarah Ayat 83 dan QS. Al Nisa Ayat 36. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Rizky Ulil Amri_E93216123 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana definisi ihsan menurut Syaikh Nawawi al-Bantani, 2. Bagaimana penafsiran surah al-Baqarah ayat 83 dan surah al-Nisa’ ayat 36 tentang ihsan dalam Tafsir Marah Labid, 3. Bagaimana aktualisasi penafsiran ihsan dalam pembentukan karakter muslim. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dan menggunakan metode deskriptif serta metode tahlili (analitis), yaitu menggambarkan atau menjelaskan penafsiran Syaikh Nawawi al-Bantani tentang ihsan dalam surah al-Baqarah ayat 83 dan surah al-Nisa’ ayat 36, kemudian dikuatkan dengan penafsiran ahli tafsir yang lain. Menurut Syaikh Nawawi, manusia berasal dari unsur materi (fisiologis) dan immateri (psikologis), pemegang amanah taklif (‘ubudiyah dan khalifah), makhluk mukhayyar, mas’uliyah, dan memiliki daya-daya aktif. Sebagai makhluk terbaik, Allah telah memberikan manusia berbagai potensi untuk mengembangkan dan memberdayakannya menjadi makhluk yang memiliki kepribadian dan karakter, karena manusia diciptakan dengan tujuan dasar untuk beribadah kepada Allah dan menjadi khalifah yang bertanggung jawab atas kemakmuran di bumi. Ihsan menghendaki manusia menyadari kehadiran Allah dan berperilaku dengan sebaik-baiknya, bahkan ihsan juga menuntut berpikir, merasa, dan berniat baik pula. Ihsan tidak cukup hanya dengan kebaikan perbuatan lahiriah, pikiran dan sikap batiniah harus selaras dengan perbuatan lahiriah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amri, M. Rizky Ulilulilrizky62@gmail.comE93216123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abd.-196502021996031003
Subjects: Akhlak
Islam dan Humanisme
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Ihsan; Tafsir Marah Labid; karakter muslim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rizky Amri
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:25
Last Modified: 28 Feb 2023 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59042

Actions (login required)

View Item View Item