Implementasi kerjasama kemitraan strategis Indonesia-Vietnam dalam memerangi Iuu Fishing di Perairan Indonesia tahun 2018-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Inggil Eka (2023) Implementasi kerjasama kemitraan strategis Indonesia-Vietnam dalam memerangi Iuu Fishing di Perairan Indonesia tahun 2018-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inggil Eka Wati_I72216038 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh isu IUU Fishing yang terjadi di perairan Indonesia dan Vietnam. Hal tersebut menjadi salah satu perhatian pemerintah Indonesia karena dapat mengancam keamanan maritim. Oleh karena itu, kedua negara tersebut sepakat untuk melindungi wilayah perbatasan laut dalam rangka menanggulangi IUU Fishing. Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi kerjasama kemitraan strategis Indonesia-Vietnam dalam memerangi IUU Fishing di perairan Indonesia tahun 2018-2021. Dalam menjawab fokus penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui pengamatan yang diperoleh dari studi literatur, kemudian diperkuat dengan wawancara dengan pihak yang berkaitan. Tingkat analisis dalam penelitian ini adalah Indonesia dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dari hasil implementasi kerjasama kemitraan strategis Indonesia-Vietnam dalam memerangi IUU Fishing tahun 2018-2021 adalah dengan dilaksanakannya pertama, mengawal industrialisai perikanan. Kedua, tidak ada toleransi bagi pelaku IUU Fishing. Ketiga, memanfaatkan teknologi untuk memberanstas IUU Fishing. Keempat, operasi satgas 115 yang didampingi BAKAMLA di wilayah rawan IUU Fishing yaitu Laut Natuna Utara dan Laut Arafuru. Kelima, menindak penangkapan ikan yang menggunakan bom atau peledak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Inggil Ekainggileka7@gmail.comI72216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Muhammad Qobidl Ainulm.qobid@uinsby.ac.id0623088402
Subjects: Hubungan Internasional
Ikan > Menangkap Ikan
Indonesia
Keywords: Kerjasama Kemitraan Strategis; Indonesia-Vietnam; IUU Fishing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Inggil Eka Wati
Date Deposited: 14 Nov 2023 10:52
Last Modified: 14 Nov 2023 10:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59043

Actions (login required)

View Item View Item