تطبيق اللعبة التفاعلية القائمة على باوربوينت (Powerpoint) لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثامن بمدرسة منهاج العابدين المتوسطة الإسلامية جانتي جوغوراطا جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umailachah, Niswah (2023) تطبيق اللعبة التفاعلية القائمة على باوربوينت (Powerpoint) لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثامن بمدرسة منهاج العابدين المتوسطة الإسلامية جانتي جوغوراطا جومبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niswah Umailachah_D92217065.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ada empat keterampilan dalam berbahasa yaitu keterampilan mendengar, keterampilan membaca, keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis. Dari keempat keterampilan tersebut, keterampilan menulis bisa dikatakan sebagai keterampilan yang paling sulit karena keterampilan menulis membutuhkan pemahaman kebahasaan yang banyak seperti tata Bahasa atau dalam Bahasa arab disebut dengan qowaid, serta keterampilan dalam mengolah kata agar bisa dijadikan kalimat yang sempurna.Penelitian ini meneliti tentang Efektifitas Penggunaan Game Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Maharah Kitabah Siswa Kelas VIII MTs Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui maharah kitabah siswa kelas VIII MTs Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang (2) Untuk mengetahui penggunaan game interaktif berbasis powerpoint dalam mengajarkan maharah kitabah siswa kelas VIII MTs Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang (3) Untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Game Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Maharah Kitabah Siswa Kelas VIII MTs Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang.Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan rumus paired sample t test untuk menganalisis data dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Minhajul Abidin Janti Jogoroto Jombang dengan jumlah 9 Siswa. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwasanya terdapat peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan game interaktif berbasis powerpoint. Berdasarkan hasil analisis menggunakan rumus paired sample t test hasil T-Hitung (8,000) > T-Tabel (2,306). Artinya penelitian T-Hitung lebih besar dari T-Tabel dan ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umailachah, Niswahn.umailachah10@gmail.comD92217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Thesis advisorWafa, Alialiwafa@uinsby.ac.id2029016802
Subjects: Game Online
Keywords: فعالية ;اللعبة التفاعلية ;باوربوينت (Powerpoint); مهارة الكتابة
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Niswah Umailachah
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:51
Last Modified: 27 Feb 2023 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59068

Actions (login required)

View Item View Item