Analisis hukum islam dan peraturan Daerah Gresik no. 3 tahun 2020 terhadap praktik parkir di Pasar Mutiara Kota Baru Driyorejo Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Munifah (2022) Analisis hukum islam dan peraturan Daerah Gresik no. 3 tahun 2020 terhadap praktik parkir di Pasar Mutiara Kota Baru Driyorejo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text (18-12-23)
Munifah Rosyidah_C92218158 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Munifah Rosyidah_C92218158 OK.pdf

Download (432kB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif tentang praktik parkir di Pasar Mutiara Kota Baru Driyorejo Kabupaten Gresik. Data yang didapat melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif yang menjelaskan teori wadi>’ah dan Peraturan Daerah Gresik No. 3 Tahun 2020 untuk menganalisis permasalahan praktik parkir di Pasar Mutiara Kota Baru Driyorejo Kabupaten Gresik. Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa: Pertama, pada praktik parkir di Pasar Mutiara Kota Baru Kabupaten Gresik konsumen tidak berikan karcis sebagai kejelasan transaksi parkir antara konsumen dan juru parkir. Kedua, menurut hukum Islam yang dianalisis menggunakan akad wadi’ah telah memenuhi rukun tetapi tidak sesuai dengan syarat ijab qabul (sighat). Terkait tanggung jawab juru parkir terhadap kerusakan dan kehilangan di Pasar Mutiara juga telah sesuai dengan akad wadi’ah. Sedangkan menurut Peraturan Daerah Gresik No. 3 Tahun 2020 tidak sesuai dengan beberapa pasal di dalamnya, yakni Pasal 15 ayat (3) huruf (a, b, k, dan l) serta Pasal 16 ayat (2). Penulis menyarankan bahwa juru parkir hendaknya tidak melakukan pemaksaan terhadap konsumen untuk membayar parkir dan lebih bijak dalam mempertimbangkan kesepakatan yang telah dibuat. Konsumen hendaknya bertindak lebih tegas dengan cara menanyakan terlebih dahulu. Bagi pengelola disarankan dapat menyediakan tempat atau lahan parkir yang dilengkapi dengan fasilitas dan informasi yang memadahi serta mengawasi juru parkir agar tidak terjadi pemaksaan terkait pemberian uang dari konsumen kepada juru parkir. Disini Pemerintah Daerah hendaknya memberikan edukasi kepada masyarakat dan melakukan pengawasan rutin terhadap kegiatan masyarakat agar sesuai dengan peraturan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Munifahmunifah.rosyidah1999@gmail.comC92218158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDUfuqul Mubin, Muhammadufuqulmubin@gmail.com197307262005011001
Subjects: Hukum Islam
Muamalat Muamalah
Perdata Islam
Keywords: Parkir; Parkir pasar; retribusi parkir
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Munifah Rosyidah
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:13
Last Modified: 18 Dec 2023 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59075

Actions (login required)

View Item View Item