Pengaruh model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V MI Mazraatul Ulum 01 Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Nur Rohmatun (2023) Pengaruh model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V MI Mazraatul Ulum 01 Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rohmatun Nisa_D77219050 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh latar belakang adanya permasalahan yang menjadi kendala dalam pembelajaran IPA yang mengakibatkan hasil belajar siswa kelas V rendah. kendala tersebut yaitu dalam proses pembelajaran guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang digunakan, guru saat mengajar menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran ketika guru menyajikan materi karena siswa hanya mendengarkan dan guru menjelaskannya, yang membuat mereka kurang bersemangat untuk berpartisipasi, dengan adanya kendala tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model project based learning. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran yang menggunakan model project based learning terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas V MI Mazra’atul Ulum 01 Paciran Lamongan pada semester ganjil.hasil penelitian ini yaitu 1. Terdapat perbedaan rata – rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran PjBL dengan model konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PjBL lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2. terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah setelah mendapatkan pembelajaran IPA dengan model project based learning dimana perbedaan hasil belajar terdapat pada kelompok tinggi-sedang dan kelompok tinggi-rendah dengan hasil belajar tertinggi terdapat pada kelompok tinggi, sedang, dan rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Nur Rohmatunnurrohmatun03@gmail.comD77219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Guru
Keterampilan
Keywords: Model pembelajaran project based learning; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmatun Nisa'
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:30
Last Modified: 28 Feb 2023 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59084

Actions (login required)

View Item View Item