Analisis Fiqh Siyasah terhadap kedudukan dan peran TNI dalam sistem ketatanegaraan RI menurut Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmadtullah, Hermansya (2022) Analisis Fiqh Siyasah terhadap kedudukan dan peran TNI dalam sistem ketatanegaraan RI menurut Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hermansya Rachmadtullah_C05216019 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Analisis Fiqh Siyasah terhadap Kedudukan dan Peran TNI dalam Sistem Ketatanegaraan RI menurut Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004”. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimanakah Kedudukan dan Peran TNI dalam Sistem Ketatanegaran RI menurut Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 ? dan bagaimanakah Analisis Fiqh Siyasah terhadap Kedudukan dan Peran TNI dalam Sistem Ketatanegaraan RI menurut Undang undang No. 34 Tahun 2004 ?
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, data diperoleh dengan cara mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan melalui buku undang-undang, buku-buku fiqh, koran, makalah, serta bahan-bahan lainnya yang ada kaitannya dengan penelitian penulis, kemudian dianalisis sampai ditemukan pemahaman isi Undang-undang nomer 34 tahun 2004 tentang kedudukan dan peran TNI, sehingga dapat disingkronkan dengan konsep fiqh siyasah. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa: kedudukan TNI menurut undang-undang adaah dibawah presiden, namun dalam kebijakan strategis pertahanan dan dukungan administrasi berada dibawah kementerian pertahanan. Peran TNI sebagai alat Negara memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara kesatuan RI bedasarkan pancasila dan UUD 1945, dalam ketatanegaraan Islam atau fiqh siyasah, kedudukan tentara sangat mulia, karena termasuk ahlu jihad, sedangkan peran militer dalam Islam yakni menjaga keutuhan dan keamanan wilayah serta menghalau serangan musuh dari luar serta dituntut untuk siap siaga ketika negara mendapatkan serangan dan terjadi sebuah peperangan. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk selalu memahami dan mentaati aturan dan kebijakan serta UU yang mengatur tentang kedudukan dan peran TNI, selalu memelihara dan meningkatkan profesionalismenya sebagai bagian dari komponen utama kekuatan pertahanan negara dalam rangka menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah negara, serta komitmen dalam menjalankan kedudukan dan perannya sebagai garda terdepan dalam mempertahankan kedaulatan negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmadtullah, Hermansyamansyaloss@gmail.comC05216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuwahid, Muwahidmuwahid@uinsby.ac.id2010037801
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Pertahanan Nasional
Keywords: Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 ; peran TNI dalam sistem ketatanegaraan RI
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Hermansya Rachmadtulllah
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:00
Last Modified: 28 Feb 2023 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59087

Actions (login required)

View Item View Item