Multikulturalisme dalam al-Qur'an: studi analisis penafsiran Ibnu Ashur dalam Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyarama, Handri (2023) Multikulturalisme dalam al-Qur'an: studi analisis penafsiran Ibnu Ashur dalam Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Handri Setyarama_E93219088 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masyarakat yang cenderung merasa superior dengan kelompok lain sehingga melakukan penghinaan kepada sesama, baik melalui verbal maupun sikap. Bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap keberadaan manusia di muka bumi ini tidak sekadar dibahas dalam wacana sosiologis dan antropologis, melainkan kehadiran agama memberi penghormatan kepada manusia. Konsep multikulturalisme, atau al-ta’addudiyyah al-thaqafiyyah dalam Bahasa Arab, menekankan relasi antar-kebudayaan melalui sikap toleransi, kesetaraan, adil, dan satu sama lain saling menghargai. Namun, Al-Qur’an tidak menyebut istilah multikulturalisme secara eksplisit, melainkan disinggung secara implisit pada ayat-ayat tertentu. Penelitian ini memuat dua rumusan masalah, yakni bagaimana klasifikasi ayat-ayat multikulturalisme dalam Al-Qur’an dan bagaimana penafsiran Ibnu ‘Ashur dalam Kitab Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir terhadap ayat-ayat yang memuat gagasan mengenai multikulturalisme. Jenis penelitian ini berbentuk kepustakaan (library research) yang ditulis menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Kaitannya dengan penggalian ayat-ayat multikulturalisme dalam Al-Quran digunakan pendekatan tafsir tematik konseptual, yaitu studi tematik yang berupaya menjelaskan konsep-konsep tertentu yang tidak dijelaskan secara eksplisit di dalam Al-Qur’an. Penelitian ini menghasilkan dua temuan penting. Pertama, klasifikasi ayat-ayat multikulturalisme dalam Al-Qur’an ditemukan kodifikasi sebanyak 63 ayat yang diringkas ke dalam delapan tema sebagai berikut: persamaan asal-usul manusia sebanyak 6 ayat, heterogenitas manusia sebanyak 4 ayat, pluralitas agama sebanyak 4 ayat, kebebasan beragama sebanyak 13 ayat, kebebasan berpikir dan berpendapat sebanyak 8 ayat, toleransi beragama sebanyak 6 ayat, perbedaan derajat manusia sebanyak 7 ayat, dan keragaman sifat dan karakter manusia sebanyak 15 ayat. Kedua, nilai-nilai multikulturalisme dalam Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir melalui analisis terhadap QS. Al-Baqarah [2]: 213, QS. Al-Maidah [5]: 2 & 8), QS. Al-Rum [30]: 22, QS. Al-Zukhruf [43]: 32, QS. Al-Hujurat [49]: 11 & 13, mengandung empat nilai yaitu: 1) kesetaraan; memuat prinsip utama penerimaan, pengakuan, dan pemenuhan atas hak-hak primordial serta perlindungan terhadap hak-hak kemanusiaan tanpa terkecuali; 2) keadilan, memuat prinsip utama penetapan hak yang sama dengan sebesar-besarnya dalam segi hukum serta menghindari sikap rasisme; 3) perdamaian, memuat prinsip utama menggelorakan semangat nasionalisme dan menolak fasisme jahiliah serta menjunjung tinggi demokrasi; 4) persatuan dan kesatuan, memuat prinsip utama mengedepankan sikap saling tolong-menolong dan bekerja sama dalam kebaikan dan takwa serta menghindari sikap fanatisme golongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyarama, Handrihandrisetyarama07@gmail.comE93219088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Kerukunan Beragama
Pluralisme
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Multikulturalisme; Ayat al-Quran; Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Handri Setyarama
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:21
Last Modified: 29 Sep 2023 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59146

Actions (login required)

View Item View Item