Pengaruh pembiayaan mikro syariah terhadap kesejahteraan ekonomi pelaku UMKM berdasarkan maqashid syariah: survei pada nasabah pembiayaan mikro Bank Syariah Indonesia KCP Jombang Ploso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Gita Mei (2022) Pengaruh pembiayaan mikro syariah terhadap kesejahteraan ekonomi pelaku UMKM berdasarkan maqashid syariah: survei pada nasabah pembiayaan mikro Bank Syariah Indonesia KCP Jombang Ploso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gita Mei Rahmawati_G04218020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Pelaku UMKM Berdasarkan Maqashid Syariah (Survei Pada Nasabah Pembiayaan Mikro Bank Syariah Indonesia KCP Jombang Ploso)”. Permasalahan klasik yang melekat pada masyarakat adalah masalah terbatasnya permodalan. Padahal modal merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung peningkatan hasil usaha dan taraf hidup masyarakat terutama bagi UMKM. masalah tersebut dapat teratasi dengan adanya produk pembiayaan yang salah satunya ada di Bank Syariah Indonesia KCP Jombang Ploso. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pembiayaan mikro syariah terhadap kesejahteraan ekonomi pelaku UMKM berdasarkan maqashid syariah pada nasabah pembiayaan mikro Bank Syariah Indonesia KCP Jombang Ploso. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan data penelitian yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan mengambil sampel sebanyak 86 responden dari populasi jumlah nasabah pembiayaan mikro Bank Syariah Indonesia KCP Jombang Ploso. Adapun analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program IBM SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan yaitu Y = 27,970 + 0,689X. Dan pada uji T (Parsial) menunjukkan bahwa pembiayaan mikro syariah berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kesejahteraan ekonomi pelaku UMKM berdasarkan maqahid syariah dengan hasil t hitung sebesar 4,746 > t tabel sebesar 1,988 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan pada uji koefisien determinasi diperoleh bahwa variabel pembiayaan mikro syariah sebesar 0,211 atau sama dengan 21,1%. Hal ini berarti bahwa variabel pembiayaan mikro syariah (X) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 21,1% terhadap variabel kesejahteraan ekonomi pelaku UMKM berdasarkan perspektif maqashid syariah (Y). Sedangkan sisanya 78,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada Bank Syariah Indonesia KCP Jombang Ploso untuk terus mempertahankan dan terus meningkatkan terhadap produk-produknya. Selain itu diharapkan Bank Syariah Indonesia KCP Jombang Ploso terus meningkatkan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pembiayaan mikro syariah dan bagaimana sistemnya agar masyarakat yang belum menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Jombang Ploso tertarik untuk bergabung menjadi nasabah dan mengambil pembiayaan mikro sesuai dengan kebutuhan usahanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Gita Meigitamei29@gmail.comG04218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPratikto, Muhammad Iqbal Suryam.iqbal@uinsby.ac.id--
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Industri Kecil
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Pembiayaan mikro syariah; UMKM; maqashid syariah; Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Jombang Ploso
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Gita Mei Rahmawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:35
Last Modified: 28 Feb 2023 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59174

Actions (login required)

View Item View Item