Ambiguitas gramatikal dan leksikal dalam webtoon tahilalats karya Nurfadli Mursyid: kajian semantik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amin, Tania Sani Achmad (2023) Ambiguitas gramatikal dan leksikal dalam webtoon tahilalats karya Nurfadli Mursyid: kajian semantik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tania Sani Achmad Amin_A94219065.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini akan berfokus terhadap makna ambiguitas yang kerap kali muncul dalam episode komik daring yang terbit pada sebuah aplikasi bernama Line Webtoon dengan judul Tahilalats karya Nurfadli Mursyid. Ambiguitas tersebut dihadirkan dengan maksud untuk membangun cerita dengan akhir yang tidak terduga atau yang lebih dikenal dengan plot twist. Tidak hanya bersifat konyol dan lawak, keambiguan tersebut dapat ditafsirkan lebih dalam dengan mengaitkannya antara realita yang terjadi dalam kehidupan sosial manusia. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan serta menafirkan maksud dari cerita dalam episode Tahilalats yang mengandung makna ambigu. Penelitian berikut menggunakan teori ambiguitas Stephen Ullmann, yang mana Ullmann membagi ambiguitas menjadi tiga bentuk, yaitu fonetik, gramatikal dan leksikal. Akan tetapi, dalam penelitian ini hanya akan menggunakan dua bentuk ambiguitas, yaitu gramatikal dan leksikal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode simak dan catat. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah berupa kata, frasa, klausa, maupun kalimat dalam webtoon Tahilalats yang mengandung makna ambigu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa antara ambiguitas gramatikal dan leksikal terjadi banyak unsur keambiguan dalam ambiguitas gramatikal. Dalam ambiguitas gramatikal lebih banyak mengangkat tema sosial dengan beragam interaksi dan masalah yang terjadi dalam lingkungan bermasyarakat. Sementara dalam ambiguitas leksikal lebih didominasi dengan penggunaan istilah kata yang diperluas maknanya, terutama menjadi makna kata yang terkesan lebih gaul di kalangan anak muda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amin, Tania Sani Achmadtaniasani.65@gmail.comA94219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.id2006067301
Thesis advisorAtikurrahman, Mohatiqurrahmann@uinsby.ac.id2007108504
Subjects: Bahasa Indonesia
Linguistik
Keywords: Tahilalats; line webtoon; ambiguitas; semantik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Tania Sani Achmad Amin
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:52
Last Modified: 23 Feb 2023 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59176

Actions (login required)

View Item View Item