Risalah dakwah dalam syiir yang disenandungkan Habib Syekh Abdul Qadir Assegaf melalui media Youtube: telaah semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Nurul (2023) Risalah dakwah dalam syiir yang disenandungkan Habib Syekh Abdul Qadir Assegaf melalui media Youtube: telaah semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Rahmawati_A94219059 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengkajian ini menggunakan persepsi Charles Sanders Peirce (triangle meaning). Jenis penelitiannya memakai kualitatif deskriptif serta analisis teks digunakan untuk mengamati tiap bait dalam syi’ir yang disenandungkan oleh Habib Syekh Abdul Qadir Assegaf melalui media youtube. Pada metode kajian ini, dihasilkan beberapa risalah dakwah yang terkandung dalam syi’ir tersebut. Terutama mengandung risalah dakwah mengenai akidah. Syi’ir dapat memberikan pemanfaatan bagi sumber media ataupun pendidikan, tidak hanya disampaikan secara langsung namun dapat disampaikan secara online contohnya melalui media youtube. Karena tentu saja syi’ir juga menjadi salah satu penyampaian ajaran agama, dengan menyesuaikan perkembangan masyarakat zaman ini yang sudah canggih menguasai teknologi. Mendengar syi’ir pun juga salah satu kegiatan efektif ditengah kesibukan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya, syi’ir-syi’ir ini biasa terdengar setelah adzan berkumandang hingga iqamah disegerakan di daerah warga setempat. Penyampaian syi’ir-syi’ir yang disenandungkan Habib Syekh ini memiliki makna atau kandungan risalah dakwah yang sangat bermanfaat bagi umat manusia di dunia ini yang mendengarkan senandung beliau hingga membuat kalbu bergetar serta membuat pendengarnya selalu bermuraqabah atau muhasabah di manapun dan kapanpun. Menjadikan syi’ir-syi’ir yang disenandungkan beliau menarik untuk ditelaah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Nurulnurulrahmawati092@gmail.comA94219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Subjects: Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Risalah dakwah; syiir; Habib Syekh
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Nurul Rahmawati
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:36
Last Modified: 07 Mar 2023 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59181

Actions (login required)

View Item View Item