Bisnis Trading Binary Option Dalam Perspektif Hadis: studi Ma'anil Hadis Ibnu Majjah Nomor Indeks 2195 dengan pendekatan Ekonomi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Fernandie Candra (2023) Bisnis Trading Binary Option Dalam Perspektif Hadis: studi Ma'anil Hadis Ibnu Majjah Nomor Indeks 2195 dengan pendekatan Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fernandie Candra Kusuma_E75218043 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada umumnya, umat manusia ketika mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah mematuhi atau mengikuti hadis-hadis nabi. Salah satunya adalah mengikuti hadis Nabi di dalam Kitab Ibnu Majjah tentang gharar. Penyebab utama munculnya penelitian ini adalah ketika 1 tahun yang lalu dimana banyak masyarakat menjadi korban penipuan dalam situs online yang bernama Binary Option. Untuk menghindari adanya korban lagim, maka perlu di adakannya dakwah kepada masyarakat tentang bahayanya transaksi gharar. Penelitian ini akan berfokus kepada : pertama, Bagaimana keshahihan dan kehujjahan hadis Ibnu Majjah No Indeks 2195?. Kedua, Bagaimana pemaknaan Hadis Ibnu Majjah No Indeks 2195?. Ketiga, Bagaimana kontekstualis Hadis Ibnu Majjah No Indeks 2195?. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library reaserch) dengan menggunakan metode penyajian data secara deskriptif dan analitis. Hadis ini diteliti menggunakan kaidah kritik sanad dan matan hadis, i’tibar, takhrij hadis serta kaidah jarh wa ta’dil, sedangkan pemahaman maknanya menggunakan metode ma’anil hadis dengan menggali makna kontekstual hadis yang direlasikan dengan pendekatan Ekonomi Islam. Dari hasil penelitian ini Pertama, kualitas hadis tentang gharar dari kitab Ibnu Majjah adalah hasan li dhatihi sedangkan dari segi kehujjahan hadis ini termasuk hadis maqbul. Kedua, hadis ini menganjurkan untuk tidak melakukan transaksi jual beli yang mengandung gharar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Fernandie Candrakusumamozar09@gmail.comE75218043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotib--2008066902
Subjects: Investasi
Jual Beli
Judi, Perjudian
Keywords: Hadits; Binary Option; Ekonomi Islam; Ma’anil Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Fernandie Candra Kusuma
Date Deposited: 29 Oct 2023 09:58
Last Modified: 29 Oct 2023 09:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59185

Actions (login required)

View Item View Item