Pengaruh penggunaan media roda putar pada mata pelajaran alquran hadits terhadap pemahaman tajwid peserta didik kelas IV MIN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Zuha Prisma (2023) Pengaruh penggunaan media roda putar pada mata pelajaran alquran hadits terhadap pemahaman tajwid peserta didik kelas IV MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuha Prisma Salsabila _D07219033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah tidak adanya media pembelajaran yang digunakan oleh guru di MIN 1 Sidoarjo ketika mengajar materi tajwid sehingga peserta didik ramai sendiri dan tidak tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran. Permasalah tersebut berpengaruh kepada pemahaman tajwid peserta didik sehingga ketika membaca Alquran belum mampu menerapkan kaidah-kaidah tajwid dengan benar. Oleh karena itu, melalui sebuah media sederhana yang disebut media roda putar peneliti melakaukan sebuah perbaikan khususnya pada materi tajwid. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui pemahaman tajwid pada Mata Pelajaran Alquran Hadits peserta didik kelas IV MIN 1 Sidoarjo sebelum dan sesudah menggunakan media roda putar, 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media roda putar terhadap pemahaman tajwid pada Mata Pelajaran Alquran Hadits peserta didik kelas IV MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatakn kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment dengan jenis Time-series Design yaitu menggunakan satu kelas untuk dilakukan dua perlakuan, yaitu kontrol dan eksperimen. Penelitian dilakukan dengan melakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan tes sesudah perlakuan (posttest) pada ranah kognitif dan keterampilan, masing-masing dilakukan sebanyak tiga kali untuk diketahui kestabilan nilai peserta didik dan peningkatan nilai peserta didik. Perlakuan dilakukansebanyak satu kali. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai peserta didik pada ranah kognitif memiliki rata-rata pada pretest1 sampai pretest3 adalah antara nilai 57 sampai 58. Sedangkan rata-rata nilai peserta didik pada posttest1 sampai posttest3adalah antara nilai 75 sampai 76. Selisih nilai rata-rata pada pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah diberikan perlakuan. Pada ranah keterampilan nilai rata-rata peserta didik sangat stabil. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai preteset1 sampai pretest3 memiliki rata�rata nilai yang sama yaitu 11,39, dan pada nilai posttest1 sampai posttest2 juga memiliki nilai rata-rata yang sama yaitu 13,00. Setelah diberikan perlakukan nilai peserta didik meningkat. 2) Hasil uji-t pada penelitian ini baik pada ranah kognitif dan keterampilan nilai sig (2-tailed) menunjukkan angka 0,000 atau kurang dari 0,05, sehingga media roda putar menunjukkan nilai signifikan berpengaruh positif terhadap pemahaman tajwid peserta didik di kelas IV.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Zuha Prismazuha.prisma@gmail.comD07219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukaffa@yahoo.com2015107003
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan > Media
Al Qur'an
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media Roda Putar; Pemahaman Tajwid; Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 71570 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:38
Last Modified: 15 Nov 2023 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59187

Actions (login required)

View Item View Item